4 Langkah agar Emosi Terkendali meski Nasihat Tak Dituruti

Jangan sampai kau bersungut saat kau memberi nasihat

Jangan sampai kau bersungut saat kau memberi nasihat (sumber gambar)

Seringkali ketika memberikan nasihat kepada orang-orang terdekatmu (terutama anak remaja) tentang masalah sehari-hari malah menjadi masalah tersendiri. Kita telah memberikan solusi tapi mereka sendiri yang tidak menerimanya.

Dan bila kejadian tersebut terulang lagi, mereka kesal dengan kejadian itu. Namun nasihatmu sebagai orang tua tidak kunjung didengarkan apalagi melaksanakannya. Yang ada hanya menyalahkan kondisi atau lingkungan.

Akhirnya dirimu sendiri yang akhirnya sewot. Sudah diberitahu solusi yang tepat untuk menyelesaikan masalah, tapi tidak didengarkan. Malah yang muncul menyalahkan orang lain dan kondisi lingkungan.

Maka berikut ini ada sebuah tips untuk memberikan nasihat terutama kepada remaja:

  1. Bila ia mengeluhkan masalah yang ia hadapi, dengarkan terlebih dahulu masalah yang ia punya, jangan lupa untuk memahami perasaannya.
  2. Sampaikan saranmu untuk menyelesaikan masalahnya, dan bila menurut mereka saranmu tidak tepat (biasanya begitu) tidak perlu marah. Cukup sampaikan kalimat, “kalau begitu kenapa tidak dicoba saja?”
  3. Mereka biasanya tidak akan mencoba saranmu, jangan kecewa. Namun berikutnya bila di waktu yang akan datang mereka mengeluhkan hal yang sama, jangan tergoda untuk memberika nasihat kembali. Apalagi dengan kata, “Tuh kan apa kubilang dulu, coba kalau dulu sudah dilaksanakan pasti tidak terjadi lagi?”
  4. Cukup ulangi ungkapan kekesalan mereka atas masalah yang terjadi.

Kau sudah memberikan saran, anakmu juga sudah tahu bahwa kau sudah memberikan saran. Tidak ada lagi yang perlu kau sampaikan atau saran yang kau berikan. Bagaimana menurutmu?

Sumber inspirasi dari: I’d Listen to My Parents if They’d Just Shut Up: What To Say and Not Say When Parenting Teens, Karya Anthony Wolf

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s