Rahasia Menjalani Hidup Serba Mudah

Apakah hidupmu susah? (sumber gambar)

Apakah hidupmu susah? (sumber gambar)

Sahabatku, manusia itu lemah. Di samping kesempurnaan ciptaannya, banyak kelemahan yang ada dalam dirinya. Karena kelemahannya itulah ia bisa menjadi besar. Bagaimana caranya?

Dengan bekerja sama dan saling membantu, manusia menjadi kuat. Sekuat dan sesempurnanya seseorang, ia tidak bisa melakukan semuanya seorang diri. Seorang raja atau pemimpin bukan berarti ia tidak membutuhkan orang lain.

Sebaliknya seorang pemimpin adalah orang paling membutuhkan banyak bantuan. Ia tidak bisa mengatur seluruh negaranya seorang diri. Ia butuh menteri, ia butuh aparat dan paling penting ia butuh rakyatnya.

Dan sebagai timbal baliknya, rakyat juga membutuhkan pemimpin dan pemerintahannya. Ia membutuhkan aturan agar terjamin kehidupannya. Dengan kerjasama dan saling membantu, baru bisa terbangun kekuatan negara yang sebenarnya.

Bila kau sahabatku, bersedia membantu saudaramu yang lain yang membutuhkan sungguh sebuah kebaikan akan tercurah kepada dirimu. Karena siapa yang membantu saudaranya, maka ia akan dibantu oleh Allah di dunia dan akhirat.

Jadi ketika kau membantu saudaramu, bukan lagi dia, seorang manusia yang akan membalas. Namun Yang Maha Memiliki Dunia dan Akhirat yang akan membantumu. Dan bila Allah telah membantumu, kesulitan apa yang berat bagimu.

Maka di hari ini saat kau merasakan kesulitan dan kekurangan, mari bersama membantu sesama kita. Dan dengan itu kau akan dimudahkan oleh Yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Bukankah ada sebuah ungkapan dari baginda Nabi Muhammad saw:, ….barang siapa memudahkan urusan (mukmin) yang sulit niscaya Alloh akan memudahkan urusannya di dunia dan akhirat……(HR. Muslim)

Lalu apa lagi yang kau resahkan? Mari membantu meringankan saudara kita.

Wallahu a’lam  

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s