Menurutmu apakah Sebaiknya LAZ Berinvestasi di Sosial Bisnis?

Creating A World Without PovertyIstilah sosial bisnis memang pertama kali kudengar dari Muhammad Yunus dari bukunya “Creating A World Without Poverty”. Idenya memang janggal dan tidak biasa. Apakah mungkin bisnis itu menjadi sesuatu yang sosial?

Contohnya adalah di mana ia mengajak Danone untuk berinvestasi di Bangladesh membuat pabrik Yoghurt. Ia menjelaskan kepada pihak Danone, bahwa bisnis yang ia ajukan ini bukanlah sebuah bisnis yang mencari keuntungan semata.

Meskipun demikian ia juga bukan charity, yang sekali diberikan langsung habis. Pekerjanya harus tetap dibayar, direkturnya juga tetap harus dibayar. Artinya? Keuntungan juga harus tetap ada karena perusahaan itu harus tetap hidup untuk jangka waktu yang lama.

Tapi keuntungan yang didapatkan hanyalah cukup untuk memenuhi pengeluaran yang harus ditutupi oleh perusahaan tersebut. Selain itu tidak perlu ada biaya iklan, tidak perlu ada biaya masalah merek.

Walhasil produk tersebut tetap harus dikerjakan dengan kualitas sebaik produk yoghurt dari Danone. Dan karena tujuan dari produk yoghurtnya adalah untuk memerangi malnutrisi di sana, maka dengan tiadanya biaya marketing yang biasanya besar, harganya menjadi terjangkau.

Ini hanyalah salah satu bentuk dari beberapa bentuk sosial bisnis yang ada. Maka tidak menutup kemungkinan variasi dari sosial bisnis semakin bertambah.

Apakah menurutmu, Lembaga Amil Zakat harus ikut berinvestasi dalam sosial bisnis yang dicontohkan Muhammad Yunus? Selain ada misi sosial dalam produknya, pekerjanya juga bisa diambil dari para mustahik. Dan yang lebih hebat lagi dananya tidak habis dalam satu waktu.

Bagaimana menurutmu sahabat?

4 responses to “Menurutmu apakah Sebaiknya LAZ Berinvestasi di Sosial Bisnis?

  1. ada banyak manfaat kalo LAZ berinvestasi di bisnis sosial, selain membuka lapangan kerja yg bisa diberikan kesempatan kepada kaum dhuafa juga menjaga keberlangsungan LAZ untuk tetap eksis dan yang penting bisa membantu tujuan LAZ dengan berkontribusi dari laba/keuntungan usaha bisnis sosial tsb.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s