Sedekah Gak Harus Ikhlas?

Gak ikhlas dalam sedekah? bagaimana menurutmu sahabat.

Gak ikhlas dalam sedekah? bagaimana menurutmu sahabat.

Aku mengerti bahwa judul itu untuk memprovokasi, bukan dalam arti sebenarnya. Agar orang-orang bersedekah. Dan bersedekahnya juga dalam jumlah yang besar.

Aku juga mengerti bahwa terkadang hati manusia merasa berat untuk mengeluarkan apa yang serasa sudah menjadi haknya (harta) karena ia mendapatkannya akibat dari pekerjan yang dilakoninya.

Aku juga mengerti bahwa ikhlas adalah sesuatu yang berat dan harus dilatih. Ia tidak bisa hanya diangan-angankan. Apalagi dalam masalah sedekah. Ia adalah sesuatu yang harus dilakukan.

Namun aku juga masih yakin bahwa Islam ini berbeda dengan yang di luar Islam. Orang-orang di luar Islam meyakini bahwa ketika mereka berderma, mereka akan mendapatkan balasan langsung.

Aku juga masih yakin bahwa Allah-lah yang membalas pahala-pahala sedekah itu. Dan urusan bentuk balasannya itu adalah Allah paling tahu apa yang pantas bagi kita. Apakah di dunia ini ataukah di akhirat nanti.

Dan oleh karenanya aku juga masih yakin bahwa keikhlasan itu tetap dibutuhkan. Sedekah itu masih harus ikhlas, karena tanpa ikhlas ia hanya akan menjadi debu di atas batu yang kemudian tersapu air tak berbekas.

Maka menurutku yang paling baik adalah menjaga keikhlasan. Mari kita memikirkan diri kita dan rezeki yang diberikan Allah kepada kita. Dari semua kenikmatan yang diberikan Allah kepada kita, berupa keluarga, kesehatan, harta, bahkan keimanan, berapakah yang sudah kita sedekahkan?

Sedekah itu erat kaitannya dengan keimanan terhadap Allah dan hari Akhir. Karena memang bisa jadi balasannya ada di sisi Allah. Dan ketika seseorang yang beriman bersedekah ia tidak khawatir, karena ia yakin bahwa balasannya ada di sisi Allah yang Maha Memberi.

Wallahu a’lam.

Bagaimana menurutmu sahabat?

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s