Bagaimana Cara Berkomunikasi Dengan Remaja Yang Tidak Komunikatif

Meski seringkali menghindar, tetaplah mendekati dan berkomunikasi dengan anak remajamu

Meski seringkali menghindar, tetaplah mendekati dan berkomunikasi dengan anak remajamu

Bagi orang tua remaja, kau pasti sering mendengarkan jawaban-jawaban yang singkat. Terutama dari remaja pria. Hal ini bisa jadi sangat menjengkelkan. Kau ingin menjalin komunikasi dengan anak-anakmu. Tapi yang terjadi sebaliknya mereka menanggapi sekenanya dan tidak sepadan.

Apa yang sebaiknya dilakukan ketika berhadapan dengan remaja yang seperti ini? Apakah sebaiknya mungkin kita memberikan ruang bagi mereka untuk memberikan kesiapan bagi mereka? Bila hal ini yang kau lakukan, mungkin tiga tahun masih belum cukup bagi mereka untuk membangun komunikasi.

Jalan yang bisa kau gunakan adalah dengan mencobanya. Tapi ingat bukan dengan menyerangnya. “Kenapa sih kau tidak pernah menjawab? Apakah kau tidak bisa menjawab pertanyaan Ibu yang sederhana seperti itu?” Bila ini gaya bertanyamu, dipastikan anak remajau pasti semakin menghindar.

Sebagaimana dari beberapa posting sebelumnya, usia remaja membuat mereka menjadi semakin alergi dengan kehadiran orang tuanya. Oleh sebab itu, ketika kau memiliki waktu sendiri bersama mereka, manfaatkan waktu itu dengan sebaik-baiknya. Gunakanlah pertanyaan untuk memancing mereka bercerita.

Susah mungkin awalnya bila mereka termasuk anak yang tidak komunikatif. Tapi daripada harus terpisah dari dunia mereka, dan kedekatan mereka beralih ke yang lain yang belum tentu memberi arah yang jelas, tetap mencoba berkomunikasi sebaiknya tetap kau lakukan.

Jadi tetaplah ajak mereka berbicara, tetaplah bertanya agar mereka merasa bisa mendiskusikan apapun tentang dunia mereka bersamamu, orang tuanya sendiri.

Wallahu a’lam

Inspirasi dari: I’d Listen to My Parents if They’d Just Shut Up: What To Say and Not Say When Parenting Teens, Karya Anthony Wolf

Sumber Gambar

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s