Bisnis, Bukan Sengsara Membawa Nikmat, tapi Nikmat Membawa Gila

Image

Gila mikir bisnis?

Masih berhubungan dengan posting sebelumnya. Kau akhirnya tersadar. Ternyata semua kenikmatan, waktu luang yang kau miliki ternyata tidak seindah yang kau bayangkan. Karyawanmu yang kau percaya ternyata tidak bekerja sesuai yang kau harapkan.

Pelanggan kecewa, uang berkurang, persediaan barang berkurang. Ah, ternyata tidak ada orang lain yang bekerja sekeras kamu. Tidak ada karyawan yang bekerja bekerja sesuai dengan kualitasmu. Maka daripada susah-susah, “lebih baik kutangani sendiri saja” Pikirmu.

Akhirnya kau kembali lagi menjadi seorang teknisi. Kau melakukan semuanya sendirian. Kau hanya percaya dirimu sendiri. Dan kau pun akhirnya kembali lagi menjadi sibuk, tidak memiliki waktu. Kau pun menjadi seperti orang gila.

Padahal sebenarnya bukan anak buah atau karyawanmu yang membuatmu gila. Bukan juga komplain pelanggan yang membuatmu gila. Bukan pula pihak bank dan supplier yang membuatmu seperti orang gila. Yang membuatmu menjadi gila adalah karena kau tidak tahu cara lain untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Kau sudah terbiasa menghilangkan sisi Manajer dan Entrepreneur dalam dirimu. Mereka sudah lama tertidur. Dan akhirnya yang ada adalah Teknisi. Dan kembali lagi ia hanya bisa berpikir bahwa ada yang harus segera diselesaikan.

Dan bukankah ini yang sering menjangkiti para pebisnis pemula. Mereka senang bekerja. Karena pada dasarnya mereka adalah seorang teknisi. Mereka senang berada di dalam zona nyamannya. Dan zona nyamannya adalah bekerja.

Maka apakah zona nyamanmu adalah bekerja sahabat? Apakah kau juga sudah mendekati kegilaan dalam bisnismu?

Wallahu a’lam

Inspirasi dari: The E-Myth Revisited, Why Most Small Business Don’t Work and What To Do About It.

@PKPU_SBY

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s