Benarkah begini Nikmatnya Dunia Bisnis?

Grow

Benarkah pertumbuhan itu indah?

Ketika sebuah bisnis semakin besar maka kau pun akan semakin kewalahan. Kau membutuhkan orang lain untuk membantumu. Terutama membantu sesuatu yang kau tidak bisa melakukannya atau kau tidak mau dan malas melakukannya. Karena hal itu susah sulit dan lain sebagainya.

Dan sebagaimana sudah menjadi rahasia banyak orang, pekerjaan menghitung keuangan adalah yang sering menjadi rujukan. Kau tidak suka melakukan pembukuan keuangan. Maka kau memutuskan untuk membuka lowongan bagian akuntansi atau keuangan.

Pemilik bisnis yang bisanya membuat barang atau produk kesulitan dalam memasarkan. Oleh sebab itu ia menyewa salesman. Karena ia kesulitan, sales itu sulit dan lain sebagainya. Lagi pula masih ada cukup uang untuk menggaji orang lain.

Maka jadilah pemilik bisnis ini semakin terbantu dengan adanya karyawan. Lama kelamaan yang biasanya hanya mengurusi keuangan ternyata masih punya banyak waktu, sehingga dia juga bisa membantumu menerima telpon.

Kau pun semakin yakin bahwa mungkin inilah dunianya entrepreneur, lebih banyak waktu luang, lebih banyak waktu bersama keluarga, pekerjaan yang lebih ringan.

Kini kau tidak harus lagi melihat laporan keuanganmu, karena sudah ada karyawanmu yang mengerjakan. Kau juga tidak perlu lagi melihat daftar pesanan pelangggan, karena sudah ada karyawan yang mengurusi. Kau tidak perlu susah payah meng-order barang lagi, karena sudah ada orang lain yang mengurusnya. Kau tidak perlu susah payah menyeleksi karyawan, karena sudah ada yang mengurusnya pula.

Sungguh ternyata dunia bisnis itu nikmat dan indah.

Tapi kemudian ada keluhan, katanya ada salah seorang karyawanmu yang tidak melayani pelangganmu dengan baik. Ia marah. Kemudian kau berjanji bahwa kau akan memeriksa karyawan kembali. Walau sebenarnya kau tidak tahu karyawan yang mana.

Ternyata muncul juga keluhan dari supplier-mu tanggal pemesananmu terlalu lama sehingga pengirimannya juga sudah terlalu lama. Tidak bisa dimajukan. Kau tidak tahu bagaimana mungkin hal ini bisa terjadi. Kau pun terpaksa mencari supplier lain.

Muncul juga keluhan dari bank. Mereka bilang bahwa kau sudah mengambil uang terlalu banyak. Uang yang kau simpan tidak cukup untuk membayar kredit di bank. Kau tidak tahu bagaimana mungkin itu bisa terjadi. Kau janji akan memeriksanya.

Bisnis yang berkembang ternyata memunculkan banyak masalah. Menurutmu mengapa hal ini bisa terjadi sahabat?

Wallahu A’lam

Inspirasi dari: The E-Myth Revisited, Why Most Small Business Don’t Work and What To Do About It.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s