Kenapa Aku Mudah Menyerah?

Apakah kau mudah menyerah sahabat?

Apakah kau mudah menyerah sahabat?

Sahabatku, pernahkah pertanyaan di atas terlontar di alam pikirmu? Sudahkah kau tahu apa yang menyebabkan hal itu terjadi? Kau sudah berulangkali merasakan semangat yang menggebu-gebu. Namun di saat perjalanan dimulai, kau kemudian semakin melemah, dan akhirnya menyerah.

Dalam beberapa penelitian, orang-orang yang mudah menyerah ternyata disebabkan karena mereka tidak memiliki yang disebut dalam bahasa Inggris sebagai ‘grit’. Atau lebih mudah, definisinya adalah keinginan kuat untuk mencapai tujuan jangka panjang sekaligus bersedia menapaki kesulitan yang menyertai untuk mencapainya.

Bisa jadi komitmen, konsisten, atau apapun itu namanya. Semuanya adalah ‘grit’. Untuk masalah ini ada baiknya kita belajar dari para pejuang Islam. Kenapa? Karena tujuan mereka adalah sebuah tujuan yang sangat panjang. Sebuah tujuan yang melebihi usianya, bahkan usia anaknya atau mungkin melebihi usia umat ini.

Tujuan mereka adalah untuk bisa bertemu dengan Rabb-nya, berkumpul dengan para Rasul-Nya terutama Muhammad saw. Bukankah itu sebuah tujuan yang sangat panjang perjalanannya. Dan kesulitannya akan terjadi di sepanjang usia manusia itu sendiri.

Maka tidak jarang bila mereka mengalami fase-fase perjuangan yang berat. Karena memang tujuan mereka adalah sebuah tujuan besar, agung dan mulia. Bukan sebuah tujuan yang remeh-temeh seumur jagung di dunia.

Bagaimana dengan dirimu sahabat? Sudahkah kau memiliki tujuan jangka panjang yang rela membuat dirimu berjibaku? Bila belum, maka terjawab sudah mengapa kau mudah sekali menyerah?

Wallahu A’lam bish Showab

Inspirasi dari: Nine Things Succesful People Do Differently

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s