Bukan Sekedar Melebihi Standar

Tidak sekedar melampaui batas

Tidak sekedar melampaui batas

Dalam menentukan tujuan, target atau goal baik di bisnis atau untuk dirimu sendiri ada baiknya tidak menentukan untuk sekedar melewati standar yang ada. Atau dengan kata lain hanya mengejar prediket “baik” saja, tapi “lebih baik”.

Bukan apa-apa, tapi disadari atau tidak target “baik” ini memiliki efek buruk. Yang pertama adalah ketika kau mentargetkan sekedar untuk melebihi standar, yang muncul adalah hilangnya inovasi dan keinginan maju.

Bila seorang mahasiswa tahu bahwa ia hanya perlu mengejar nilai A dalam ujian, maka tak perlu ia belajar hal lain selain materi yang diujikan. Tidak ada kebutuhan baginya untuk mengetahui hal lain di luar itu. “Toh, baik tidaknya kualitas dirinya berdasarkan nilai ujiannya.”

Dalam sebuah bisnis, ketika seorang karyawan hanya ingin menepati standar yang diberikan, ia cenderung tidak ingin melakukan sesuatu yang lain. Bagi dirinya cukup untuk memenuhi standar itu saja. Ia tidak ingin melakukan kesalahan. Padahal bisa jadi dalam kesalahan itu tersimpan pembelajaran yang baik bagi kompetensinya.

Yang kedua adalah ketika standarnya terlalu tinggi atau terlalu sulit dalam mencapainya, maka yang seringkali muncul adalah pesimis. Mereka merasa berat untuk melakukan aktivitas mencapainya.

Lalu bagaimana sebaiknya? Sebagaimana di atas, tujuan yang lebih baik adalah dengan membandingkannya dengan kualitas dirinya saat ini. Artinya, apakah dirinya telah menjadi lebih baik atau belum? Yang dibandingkan adalah kemampuan dirinya, bukan standar yang kaku.

Bila kau sekarang adalah seorang karyawan, dan kau sudah diberikan target oleh perusahaan, maka yang bisa kau lakukan adalah mensetting tujuan pribadi agar mendapatkan cara-cara yang lebih baik dan meningkatkan kapasitas diri.

Bagaimana menurutmu?

Inspirasi dari:

Nine Things Succesful People Do Differently

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s