Menafkahi Keluarga itu Sedekah

Menafkahi keluarga ternyata dihitung sebagai sedekah (sumber gambar: flickr.com)

Menafkahi keluarga ternyata dihitung sebagai sedekah (sumber gambar: flickr.com)

Sahabatku, berinfaq dan bersedekah ternyata bukan hanya dalam bentuk harta yang kau berikan kepada lembaga amil zakat atau kepada para fakir dan miskin. Bila infaq dan sedekah hanya seperti itu maka sedikit yang bisa melaksanakannya.

Padahal infaq dan sedekah ini memiliki keutamaan yang besar. Bagaimana bila mereka yang termasuk dalam golongan fakir dan miskin ingin bersedekah dengan harta? Apakah mungkin?

Tahukah kau bahwa Rasulllah pernah bersabda kepada Saad bin Abi Waqas? “Engkau tidak berinfaq untuk mencari wajah Allah kecuali derajatmu bertambah semakin tinggi, termasuk apa yang kau berikan ke dalam mulut istrimu.”

Dalam Islam ternyata memberikan nafkah kepada istri, dan keluarga adalah sesuatu yang mulia. Semua nafkah itu bila kita niatkan untuk mencari wajah Allah, maka ia akan dinilai sebagai sebuah sedekah.

“Sesungguhnya seorang muslim jika ia menafkahi keluarganya dengan mengharap balasan dari Allah semata, maka bagi dia pahala bersedekah.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Subhaanallah, Allah memberikan sebuah penghargaan bagi manusia yang menjadi tulang punggung keluarga. Dia bila bekerja keras untuk menafkahi keluarganya untuk mencari ridha Allah, sudah termasuk dalam sedekah.

Maka bila kau tidak memiliki dana berlebih untuk berinfaq kepada orang lain janganlah kau bersedih. Karena dengan memberikan nafkah kepada istri dan anak-anakmu itu sudah digolongkan sebagai sedekah.

Marilah kita bersedekah sesuai dengan kemampuan kita masing-masing.

Orang-orang yang menafkahkan hartanya di malam dan di siang hari secara tersembunyi dan terang-terangan, maka mereka mendapat pahala di sisi Tuhannya. Tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati. (Al Baqarah: 274)

Wallahu A’lam bish Showab.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s