Jejak Gerak Palestina (Serial Palestina – Israel)

Syaikh Ahmad Yasin, "Yang duduk tapi mampu menggerakkan dunia dan menghidupkan umat"

Syaikh Ahmad Yasin, “Yang duduk tapi mampu menggerakkan dunia dan menghidupkan umat”

Palestine Liberation Organization (Organisasi Pembebasan Palestina), sebuah organisasi politik yang didirikan di Yerussalem pada tahun 1964 oleh Liga Arab. PLO mewadahi kelompok-kelompok di Palestina yang muncul akibat konflik Israel-Palestina.

Munculnya kelompok-kelompok ini berasal dari kemenangan serangan Israel pada Perang 1967 yang menyebabkan kekuatan militer Palestina tersebar di berbagai negara yang berbatasan langsung dengan Israel.

Usai Perang 1967, PLO menjadi gerakan paling populer yang mewakili rakyat Palestina dan menjadikan Yordania sebagai basis perlawanan. Pertemuan Liga Arab di Rabbat 1974 berhasil menempatkan PLO sebagai satu-satunya representasi bangsa Palestina.

Mulai 1982, PLO dipandang sebagai sebuah negara ketika berhubungan dengan negara-negara Arab. Negara-negara Arab seperti Mesir, Syria, Irak, Arab Saudi, dan Yordania mendukung sepenuhnya taktik gerilya PLO dengan memberikan informasi intelejen, logistik, dan persenjataan.

Penggunaan aksi terorisme oleh beberapa kelompok kecil dalam tubuh PLO untuk menarik perhatian masyarakat internasional terhadap permasalah Palestina menjadikan organisasi ini semakin populer.

Ketika PLO mengalami kemunduran dan tidak bisa membawa aspirasi rakyat Palestina karena mengakui eksistensi negara Israel dengan jalan perundingan, muncul gerakan baru yang akan menjadi kekuatan utama dalam menghadapi Israel.

Hamas (Harokah al-Muqowwamah al-Islamiyyah atau Gerakan Perlawanan Islam) adalah gerakan perlawanan rakyat nasional yang bergerak demi mencapai kemerdekaan Palestina dari penjajahan Israel.

Hamas berdiri pada tanggal 14 Desember 1987 dipimpin oleh Syekh Ahmad Yasin untuk mengorganisir pasukan-pasukan dalam pemberontakan rakyat Intifadhah pertama pada tahun 1987.

Intifadhah, yang dalam bahasa Arab artinya pemberontakan, merupakan perjuangan yang dilakukan dengan bersenjatakan batu melawan tentara Israel yang bersenjatakan peluru, roket, dan rudal.

Intifadhah pertama dimulai pada tanggal 8 Desember 1987 ketika tiga pekerja Palestina tewas tertabrak truk berkecepatan tinggi yang mirip mobil agen dinas rahasia Israel, Mossad.

Intifadhah kedua, atau Intifadhah Al-Aqsha, meletus pada tanggal 28 September 2000 ketika Ariel Sharon melakukan kunjungan ke Masjid Al-Aqsha.

Hamas memiliki akar sejarah yang panjang di Jalur Gaza, dimulai pada tahun 1940-an. Cikal bakal Hamas mulai tumbuh pada tahun 1980-an berupa basis-basis sosial di masyarakat.

Tujuan umum Hamas adalah mendirikan negara Islam di Palestina seperti termaktub dalam pasal 9 piagam Hamas, dan tujuan strategisnya adalah memerdekakan seluruh tanah Palestina.

Pemilu legislatif 2006 merupakan sejarah baru dalam demokrasi di Palestina. Di dua pemilu sebelumnya (tahun 1996 dan 2005), Hamas tidak ikut serta.

Tapi di pemilu 2006 Hamas menyatakan ikut dalam pemilu Palestina. Dan ternyata Hamas memenangkan pemilu legislatif pertama yang mereka ikuti. Kemenangan Hamas, menurut para ahli disebabkan oleh popularitas Fatah yang mulai turun.

Hamas dan Fatah adalah faksi besar dalam pemerintahan Palestina. Keduanya memiliki platform yang berbeda, terutama jika berhubungan dengan Israel. Hamas menginginkan Palestina merdeka, dengan kata lain tidak mengakui eksistensi Israel dan tidak mau melakukan perundingan.

Sedangkan Fatah menginginkan solusi berdirinya dua negara secara berdampingan dan menempuh cara perundingan damai dengan Israel.

Donasi Love Palestina BSM (700.116.6268), BCA (Rek. Kemanusiaan) 513.005.6018

Kontributor:

Asih Juwariyah S. Hub. Int.

kanshaforlife.wordpress.com

Dapatkan buku tentang gambaran singkat konflik Palestina-Israel di Sak ‘Klebatan, Perang Tak Berkesudahan Palestina – Israel

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s