Syarat Pertama Bisnis Besar adalah Bermimpi

Bermimpi adalah tugas pertama

Bermimpi adalah tugas pertama

Setelah kita tahu ada tiga kepribadian bisnis dalam diri kita. Lalu apa selanjutnya yang terjadi? Sejenak mari kita ikuti dialog kembali antara Gerber dan Sarah, setelah Sarah menyadari bahwa ada tiga kepribadian bisnis.

S: Aku bingung, bagaimana mungkin semua kekacauan ini bisa terjadi. Aku hanya ingin memanggang kue pai. Aku melakukannya karena aku mencintainya. Kalau bukan karena cinta bagaimana mungkin aku mau melakukannya? Itu adalah passion-ku.

G: Kini, memang setelah kau sadari bahwa ada tiga kepribadian yang muncul. Ketiga-tiganya mendesak untuk mendominasi. Bila tidak ada keseimbangan maka kekacauan seperti inilah yang akan kau hadapi Sarah.

S: Tapi aku bukanlah seorang entrepreneur, aku tidak pernah ingin menjadi entrepreneur. Aku hanya ingin membuat kue pai. Itu saja.

G: Sabarlah, sebelum kita sampai di kesimpulan, aku ingin memberitahukan kepadamu aktivitas yang dilakukan oleh seorang entrepreneur. Ia adalah seorang yang senantiasa bertanya kenapa. Kenapa harus bisnis kue pai? Kenapa bukan bisnis pulsa dan bukan bisnis makanan? Kenapa harus kue pai?

Seorang entrepreneur selalu bertanya bagaimanakah dia di masa yang akan datang. Ia bertanya hal apa atau bisnis apa yang bisa membuatnya memiliki keuntungan tanpa harus hadir di sana. Ia harus tetap bisa menghabiskan waktu bersama keluarga tapi menghasilkan uang dengan bisnisnya.

Bisnis apakah itu? Itulah pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh seorang entrepreneur.

Sarah tersenyum

S: Terus apa yang bisa kulakukan. Bila aku bisa menumbuhkan seorang entrepreneur dalam diriku, apakah aku bisa mengubah kekacauan ini?

Bersambung..

Wallahu A’lam

Sumber artikel: The E-Myth Revisited, Why Most Small Business Don’t Work and What to Do About It

Karangan: Michael E Gerber

Sumber gambar: http://www.flickr.com

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

