Untuk Sukses, Positive Thinking saja Tidak Cukup

Pertimbangkan Tantangannya

Optimistis memang perlu. Tapi bukan berarti orang optimis itu kemudian melupakan kemungkinan tantangan atau masalah yang harus ia temui di lapangan.

Saat ini bahasa optimis sangat mudah kita jumpai. Banyak pelatihan dan sesi seminar yang menunjukkan betapa pentingnya berpikir positif. Bahkan cenderung menyatakan bahwa dengan berpikir positif adalah prasyarat utama untuk menjadi sukses.

Padahal dari sebuah penelitian tentang orang-orang sukses menyatakan bahwa untuk menjadi sukses sebuah pikiran postif atau optimis harus diimbangi pikiran yang realistis.

Mereka yang sukses mengimbangi positive thinking dengan pikiran realistis yang mungkin terjadi di lapangan. Karena ketika mereka menemukan kesulitan di lapangan, mereka sadar bahwa mereka juga sudah membayangkannya, dan akhirnya ia semakin yakin bahwa ini memang jalan kesuksesan yang benar.

Selain itu, dengan membayangkan tantangan yang realistis, ia bisa bersiap-siap dengan segala kemungkinan. Sehingga ketika terjadi masalah di lapangan ia tidak lagi bingung dan kaget. Ia sudah menyiapkan solusi untuk menyelesaikan masalah.

Latihan:

  1. Ketika masalah di lapangan datang, selalu ingat tentang kesuksesan di masa lalu di mana kita mampu menyelesaikan masalah yang ada. Hal ini juga bisa dikombinasikan dengan if-then.
  2. Bayangkan masalah atau tantangan yang mungkin terjadi ketika kita ingin mewujudkan tujuan kita. Buatlah rencana solusi menyelesaikan masalah tersebut! Strategi apa yang ingin kita terapkan untuk masalah tersebut? Ingat membayangkan masalah yang mungkin muncul bukanlah sesuatu yang disebut negative thinking. Malah mereka yang tidak memprediksi masalah yang muncul sebenarnya adalah orang yang ceroboh.

Semoga optimis dan realistis kita berimbang sehingga bisa menguntungkan untuk diri kita.

Wallahu A’lam

Sumber artikel : Nine Things Successful People Do Differently

Karangan: Heidi Grant Halvorson

Sumber gambar: www.flickr.com

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s