Temuilah Tiga Kepribadian Bisnis dalam Dirimu

Ketika si Kurus menguasai diri

Sahabatku, pernahkah dirimu merasa memiliki dua kepribadian yang berbeda? Yang satu adalah si Gemuk dan yang lain adalah Si Kurus.

Si Gemuk memiliki kebiasaan yang menyenangkan. Pekerjaan sehari-harinya adalah melihat tv, makan, main game, makan lagi, kemudian tiduran, kemudian nonton film. Itulah kebiasaan Si Gemuk. Maka tidak heran ketika Si Gemuk datang hampir tidak ada pekerjaan yang bisa kita selesaikan.

Namun terkadang bosan itu datang. Seolah sebuah kesadaran datang. Kita kemudian berpikir tentang kesehatan. Betapa banyak makanan tidak sehat yang telah kita makan. Betapa buruknya kesehatan kita saat ini. Tekanan darah naik, kadar gula naik, kemudian datanglah si Kurus.

Si Kurus ini memiliki kebiasaan untuk bekerja keras. Maka olahraga, senam, jalan kaki, bersepeda dan jogging adalah aktivitas hariannya. Ia sangat menjaga pola makannya. Makanan-makanan sehat sajalah yang ia makan. Mulai dari makanan berserat karbohidrat kompleks, jus buah dan sayur serta salad semua adalah menu harian si kurus.

Akibatnya, berat badan pun berangsur turun. Engkau merasa lebih fit. Namun itu tidak bertahan lama. Beberapa saat kemudian kau heran, “Mengapa berat badanku tidak turun?” Berat badanmu seakan stabil, ia tidak mengalami penurunan. Kau penasaran, tapi masih bersemangat untuk terus mencoba.

Hingga suatu saat, hujan turun, kau tidak bisa berolahraga di luar. Akhirnya kau pun hanya duduk-duduk di sofa. Dan ternyata beberapa saat kemudian kau merasa lapar. “Ah, makan sedikit tidak apa, aku kan sudah menurunkan berat badan” Sebuah ucapan selamat pikirmu.

Yang tidak kau sadari ialah bahwa si Gemuk telah menguasaimu lagi. “Buat apa berolahraga? Toh berat badan juga tidak berkurang?” Kembali lagi kebiasaan si Gemuk. Gorengan, makan banyak, nonton TV dan main game kembali.

Kau pasti pernah merasakannya. Si Gemuk dan Si Kurus sebenarnya bukan siapa-siapa? Mereka juga adalah bagian dirimu. Sebuah kepribadian yang saling berganti tempat untuk menguasai dirimu.

Demikian juga dengan urusan bisnis. Ada kepribadian yang bertarung dalam seorang manusia yang bernama pengusaha. Bedanya yang bertarung tidak hanya dua tapi tiga. Kenalkan mereka adalah Si Entrepreneur, Si Manajer dan Si Teknisi.

Sumber artikel: The E-Myth Revisited, Why Most Small Business Don’t Work and What to Do About It

Karangan: Michael E Gerber

Sumber gambar: http://www.flickr.com

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s