Cara Melakukan Evaluasi Diri

Sudah sesuai belum ya?

Untuk yang satu ini sahabat, bukanlah sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Dibutuhkan banyak kekuatan untuk mengukur sejauh manakah langkah kita menuju tujuan yang didamba. Namun bila tidak melakukannya, bisa jadi kita bukan hanya tidak maju, bahkan bisa jadi kita mundur tanpa diketahui.

Feedback, inilah bahasa kerennya. Tanpa ini kita tidak bisa mengukur diri kita, sejauh apa langkah kita? Butuh energi berapa banyak lagi yang harus kita sediakan?

Berapa lama sebaiknya kita melakukannya? Jawabannya sangat tergantung dari apakah tujuan yang ingin kita capai jangka panjang atau jangka pendek. Untuk tujuan jangka panjang yang waktunya bisa jadi lima tahun, kita bisa melakukan evaluasinya tiap enam atau tiga bulan.

Sebaliknya bila waktu untuk mencapainya adalah satu tahun, maka feedback atau evaluasi bisa kita lakukan tiap bulan atau dua pekan sekali.

Selain jangka waktu mencapai tujuan, baru-tidaknya aktivitas ini juga berpengaruh. Bila ternyata aktivitas yang kita lakukan ini masih baru, maka tidak disarankan untuk melakukan evaluasi dalam waktu dekat. Karena bisa jadi banyak hal yang negatif yang kita temui. Dan bila ini dijumpai berulang-ulang, bisa jadi semangat kita yang malah turun. Cara yang bisa kita lakukan adalah dengan menggunakan cara if-then untuk mengevaluasi.

Manfaat lain yang bisa kita dapatkan dengan evaluasi ini adalah kita akan mendapatkan motivasi untuk mencapai tujuan yang kita inginkan. Cara yang direkomendasikan adalah mengukur apa yang belum kita capai, bukan apa yang telah kita peroleh.

Hal ini karena bila kita hanya melihat apa yang telah kita raih, biasanya semangat untuk melanjutkan akan semakin turun. Berbeda bila kita melihat apa-apa yang belum bisa kita wujudkan.

Langkah praktis:

  1. Tentukan seberapa sering kita akan mengevaluasi diri kita
  2. Tentukan dari mana informasi tentang evaluasi diri kita dan bagaimana kita akan mendapatkannya.
  3. Buatlah kalender atau jadwal untuk mengingatkan evaluasi diri kita, sehingga kita tidak terlupa di antara kesibukan kita.
  4. Selalu pertimbangkan hal apa yang belum kita raih, bukan yang telah kita dapatkan. Sehingga kita akan semakin termotivasi tiap harinya.

Semoga bisa menyemangati dalam mengevaluasi diri sendiri. Wallahu A’lam

Sumber artikel : Nine Things Successful People Do Differently

Karangan: Heidi Grant Halvorson

Sumber gambar: www.flickr.com

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s