Mengapa Sedekah dengan Sembunyi lebih Utama?

Sahabatku, ternyata sedekah yang disembunyikan itu lebih baik daripada yang diumumkan. Meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa kadangkala untuk menunjukkan sebuah amal kebaikan agar bisa ditiru membuat sedekah yang diumumkan lebih baik daripada menyembunyikannya.

Salah satu contoh yang mengagetkan kita adalah di Qurban 1433 H. Engkau pasti masih ingat dengan Yati dan Maman, pasangan pemulung yang kemudian memberikan qurban untuk di sembelih di masjid di pemukiman kaya.

Bahkan hewan qurban yang mereka berikan adalah hewan qurban yang lebih dari hewan qurban yang dibawa oleh orang lain. Hal ini kemudian pastilah membuat orang-orang kaya “tertampar”. Bagaimana tidak? Orang yang secara ekonomi lebih rendah saja memberikan lebih dari yang mereka berikan.

Rasulullah memberikan petunjuk bahwa orang bersedekah yang diumumkan seperti orang membaca Qur’an dengan suara yang keras. Dan orang yang memberikan sedekah bersembunyi seperti orang yang membaca Qur’an dengan suara yang perlahan.

Namun, tidak ada yang bisa menyangkal bahwa sedekah yang disembunyikan lebih utama daripada yang diumumkan. Kenapa?

Karena dengan menyembunyikan sedekah akan menjaga niat orang agar tidak mengumbar amal kebaikannya. Di mana sudah sama-sama kita ketahui bahwa mengumbar amal kebaikan malah mengakibatkan hilangnya keikhlasan, mendatangkan riya’ dan akhirnya menghilangkan pahala. Na’udzubillah min dzalik.

Kedua, karena dengan menyembunyikan sedekah, maka kemungkinan mendapatkan anugerah Allah yang besar berupa naungan di hari Hisab akan semakin besar.

Rasulullah sendiri sudah mengabarkan bahwa orang yang bersedekah dengan sembunyi-sembunyi sehingga tangan kirinya tidak tahu apa yang diberikan tangan kanannya termasuk satu dari tujuh golongan yang dijanjikan Allah untuk mendapatkan naungan di saat tidak ada naungan kecuali naungan-Nya.

Tambahan lagi Allah malah akan menghapuskan sebagian dosa-dosa kita. Dan yakinlah sahabatku, bahwa sedekah yang kau sembunyikan itu meski tidak diketahui oleh orang lain, Allah mengetahui apa yang kau kerjakan. Lalu apa lagi yang kau khawatirkan sahabatku?

Jika kamu menampakkan sedekah(mu), maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.(Al Baqarah 270-271)

Wallahu A’lam

Sumber gambar: http://www.flickr.com

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s