Ruqoiyah, Tempat Berbagi di Usia Senja

Sejatinya tempat itu bukanlah sebuah panti jompo. Meski tidak bisa dipungkiri ia memang telah menjadi tempat bagi banyak lansia untuk bertukar informasi, mengaji atau sekedar mengobrol dan kangen-kangenan antar sesama mereka. Dan hingga saat ini tempat itu jugalah yang memberikan bantuan kebutuhan hidup saat mereka mengalami kesulitan di hari tua.

Namanya Darul Aytam Dhuafa’ Ruqoiyah. Sebuah unit sosial di bawah Yayasan Taman Pendidikan dan Sosial Nahdhatul Ulama Khadijah.  Salah seorang ustadzah yang mengurus pengajian dan bantuan sembako di sana adalah ustadzah Hj. Faridah. Beliau memberikan banyak cerita tentang DAD Ruqoiyah dan beberapa kegiatannya.

Pembagian sembako yang tidak seberapa semoga tetap bisa memberi semangat agar tetap terjaga di usia senja

DAD Ruqoiyah terletak di Jl. Peneleh VI/No 22. Dan meski awalnya memang ditujukan untuk panti asuhan, lambat laun banyaknya permasalahan dhuafa yang lanjut usia juga harus mereka tangani. Mereka tidak sanggup lagi untuk bekerja, mereka harus dicukupi kebutuhannya.

Dan memang ini juga yang telah disaksikan oleh PKPU Surabaya ketika berkunjung ke sana 12 Oktober 2012 lalu. Dua pekan sekali pengajian diadakan di DAD Ruqoiyah yang kemudian diikuti oleh pembagian sembako bagi para peserta pengajian yang tidak lain adalah para lansia yang masih berkekurangan.

Tujuan PKPU Surabaya ke sana sebenarnya tidak jauh dari aktivitas DAD Ruqoiyah. Kami datang untuk memberikan bantuan sembako bagi para dhuafa yang tidak lagi bisa bekerja untuk memenuhi kebutuhannya. Tidak banyak memang, hanya 25 paket. Tiap paket berisi 2 kg beras, 1 liter minyak goreng, 2 kaleng sarden dan 1 kg gula pasir.

Meski demikian wajah sumringah tetap terpancar. Semoga bantuan yang kami berikan ini adalah awalan kami untuk bisa membantu mencukupi mereka yang tak lagi sanggup bekerja. Terima kasih juga kami sampaikan kepada para donatur yang telah mempercayakan keluangan rizkinya kepada kami. Semoga Allah membalas dengan yang lebih baik.

Bagi DAD Ruqoiyah yang selama ini telah menemani mereka, semoga kami bisa terus bekerja sama untuk membantu mereka yang membutuhkan. Terima kasih atas inspirasi dan semangat untuk tetap berkarya. (MAA)

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s