Bahkan Menteri Mundur karena Golongan Darahnya B

Ryu Matsumoto, mundur dari jabatannya pada Juli 2011, salah satu alasannya adalah karena golongan darahnya B.

Disadari atau tidak mengelompokkan orang berdasarkan golongan darah tidak lagi menjadi sesuatu yang asing. Apalagi di Jepang. Orang Jepang sepertinya sangat percaya bagaimana karakter seseorang ditentukan oleh golongan darahnya.

Golongan darah A diyakini  sebagai orang yang perfeksionis dan sensitif. Mereka juga menjadi orang yang selalu membangun team work yang baik tapi terkadang sering terlalu mudah khawatir.

Sementara orang dengan golongan darah O cenderung punya rasa ingin tahu yang tinggi. Selain itu ia juga dermawan. Namun jeleknya, ia adalah orang yang keras kepala.

Sementara golongan darah AB seringkali bersifat “nyeni” sekaligus penuh dengan misteri dan tak terduga. Sedangkan golongan darah B orang yang ceria, eksentrik, cenderung individualistik dan egois.

Mungkin hanya Jepang saja di mana masyarakatnya sangat menjunjung kepercayaan golongan darah menentukan karakter seseorang. Akhirnya sering terjadi kekerasan pada mereka yang memiliki golongan darah AB dan B.

Di Jepang bahkan untuk melatih tim sofbol mereka berpegang pada karakter yang dimiliki oleh golongan darah. Mitshubishi Electronics sampai-sampai membentuk sebuah tim yang semua anggotanya bergolongan darah AB dengan harapan mereka akan membuat sebuah rencana yang unik.

Tidak kalah heran adalah kejadian mundurnya Menteri Pembangunan Jepang, Ryu Matsumoto. Dalam pidato pengunduran dirinya, ia menyampaikan bahwa karena golongan darahnya adalah B sehingga ia menjadi orang yang kadang-kadang tidak sabaran dan tidak bisa dipahami orang lain.

Semua berbau golongan darah di Jepang ini diawali oleh munculnya sebuah buku di tahun 1970 oleh Masahiko Nomi yang sebetulnya tidak memiliki latar belakang kesehatan. Dan Seorang profesor di Jepang, Maekawa, juga ternyata tidak sepakat dengan hal ini . “Tidak ada dasar ilmiah sama sekali yang menunjukkan hal ini”

“Kita tidak bisa menentukan bahwa seseorang baik atau tidak hanya berdasarkan golongan darah khan?” Lanjutnya.

Apakah di lingkungan kerja anda juga ada kejadian-kejadian seperti ini? Dan apakah menurut anda orang dengan golongan darah tertentu memiliki karakter tertentu?

Wallahu A’lam

Sumber artikel: http://www.bbc.co.uk

One response to “Bahkan Menteri Mundur karena Golongan Darahnya B

  1. Apakah ‘mitos’ masih berlaku juga di negara kita tercinta? Karena (masih) banyak yang menganggap yang namanya mitos itu tidak di ekspos oleh kita. Jazakallahu khairan.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s