Saya Cuma Berusaha, Semoga Bisa Membantu Tetangga-Tetangga Saya

Hari ini, Jumat sore, 2 November 2011, datang seorang pria yang sangat familiar dengan kami. Beliau adalah Pak Idrus. Salah seorang PJ lapangan program kami untuk kecamatan Simokerto. Tanpa tedeng aling-aling (tanpa malu) beliau langsung menyampaikan kepada kami.

“Maaf Pak, Mbak. Saya ini mau mengabarkan, sebenarnya telah terjadi kebakaran di Sidodadi, Simokerto. Hampir lewat satu minggu sudah berlalu memang. Tapi sepertinya belum ada tanda adanya bantuan yang jelas dari pemerintah. Bu Risma ketika kejadian memang turun tangan. Namun hingga kini belum ada kejelasan bantuan dari pemerintah.” Cerita Pak Idrus.

“Dulu sebenarnya sempat saya SMS ke Mbak Asih (salah satu personel Program PKPU Surabaya). Tapi belum ada balasan dari beliaunya sepertinya ketika itu sedang sibuk-sibuknya Qurban. Saya maklum” lanjut beliau.

“Kini yang dibutuhkan di sana adalah logistik berupa bahan makanan dan bahan bangunan untuk pondasi rumah. Mereka ingin kembali membangun tapi tidak memiliki dana. “Ujar beliau.

Tergesa-gesa memang beliau bercerita. Karena memang setelah dari PKPU Surabaya beliau masih mencari lembaga lain yang kiranya bisa membantu tetangganya yang mendapat musibah.

Dari beberapa sumber berita yang ada, terjadinya kebakaran memang pada tanggal 23 Oktober 2012, mendekati Idul Adha yang jatuh pada tanggal 26. Ada 30 rumah petak yang hangus, sehingga kurang lebih ada 30 KK yang menjadi korban atau 103 jiwa. Tidak ada korban jiwa memang. Tapi rumah yang menjadi tempat mereka berteduh kini lenyap.

Sebelum beliau bergegas pergi, kami menyampaikan, “Pak Idrus, sebagaimana panjenengan tahu bahwa kami di PKPU Surabaya tidak bisa membantu banyak soal pembangunan fisik. Karena kami ingin lebih banyak membantu lewat program pendidikan dan ekonomi. Oleh sebab itu kami tidak bisa memastikan apakah akan ada bantuan untuk pembangunan fisik.”

“Namun untuk bantuan bahan pangan, akan kami usahakan namun bisa jadi tidak banyak.” Lanjut kami.

“Oh tidak mengapa kok Pak, saya sudah paham betul bagaimana bentuk program di PKPU Surabaya yang lebih banyak di bidang pendidikan dan ekonomi. Saya ini cuma berusaha saja, siapa tahu ada yang bisa membantu tetangga-tetangga saya.” Jawab Pak Idrus.

Setelah berpamitan, beliau bergegas ke sebuah lembaga lain di Surabaya untuk meminta bantuan. Semoga usaha beliau membuahkan hasil dan dimudahkan oleh Allah.

Sahabatku, kami di PKPU Surabaya hanya bisa mengajak apabila memang ada yang berkenan untuk membantu para korban kebakaran di Sidodadi, Simokerto. Bantuan yang mereka butuhkan saat ini adalah bahan makanan atau sembako dan bahan bangunan.

Bila ada yang ingin membantu dalam bentuk dana silahkan menghubungi PKPU Surabaya atau bila. Semoga Allah memudahkan semua urusan kita.

Wallahu A’lam

Sumber gambar: http://www.merdeka.com

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s