Update Bantuan Rohingya #Love Rohingya

Berikut adalah dokumentasi bantuan PKPU kepada korban kekerasan yang menimpa etnis muslim Rohingya, Myanmar. Semoga Allah memberikan kekuatan kepada mereka. PKPU rampungkan 3 shelter untuk pengungsi Rohingya.

This slideshow requires JavaScript.

SITTWE, MYANMAR – PKPU telah menyelesaikan 3 unit shelter dari 10 unit yang direncanakan pada tahap awal. Direncanakan penyelesaian keseluruhan baru pada pertengahan Nopember 2012. Demikian hasil kunjungan langsung tim PKPU di Camp pengungsian Shi Te Ma Gyi Sittwe pada Selasa, 30 Oktober 2012.

Sementara itu, sisanya masih dalam tahap konstruksi dengan perkembangan yang berbeda-beda. Mulai tahap penyediaan material sampai proses penyempurnaan bangunan shelter. Pada kesempatan ini pula selain pembangunan shelter, PKPU juga meninjau persiapan pembangunan fasilitas pendukung seperti sarana air bersih, toilet dan shelter serbaguna.

Shelter serbaguna ini dapat berfungsi sebagai ruang pertemuan, sekolah darurat bahkan tempat peribadatan. Melalui dialog langsung dengan para pengungsi, mereka berharap shelter ini secepatnya berfungsi karena banyak tenda-tenda sementara yang sudah mulai roboh karena usang dan lapuk sehingga sangat tidak membantu untuk perlindungan dan tempat hunian.

Selain tenda yang sudah usang, jumlah pengungsi semakin bertambah akibat kerusuhan dan konflik terbaru dari pulau-pulau sekitar Sittwe. Menurut data rilis badan PBB urusan pengungsi Myanmar diperkirakan tidak kurang dari 20 ribu pengungsi yang memasuki kamp pengungsi di Sittwe.

Khusus untuk pembangunan shelter, sesuai kesepakatan kerjasama (MoU) dengan pemerintah Negara Bagian Rakhine, PKPU diberi keleluasaan untuk menyusun tata letak bangunan utama dan pendukung sebagai bagian dari program yang terpadu.

Disamping itu, perjanjian ini berjangka panjang untuk melanjutkan pembangunan shelter dan fasilitas pendukung lainnya. Sesuai rencana, PKPU akan melanjutkan pembangunan shelter tahap kedua pada Nopember 2012.

 

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s