Ingat! Miliki Tujuan Yang Spesifik

Target yang jelas adalah wajib

Memiliki tujuan yang spesifik dan jelas adalah satu dari beberapa hal yang dilakukan orang-orang yang sukses. Mereka tidak sekedar menetapkan tujuan yang mengambang. Ukuran-ukuran keberhasilan mereka sangat jelas dan terukur.

Tapi seperti apakah tujuan yang tidak jelas itu? Ini beberapa contoh yang mungkin sudah familier di telingamu,

  1. Aku ingin menurunkan berat badan.
  2. Aku ingin menjadi orang kaya
  3. Aku ingin menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa
  4. Aku ingin menjadi orang yang bermanfaat bagi manusia yang lain.
  5. Aku ingin menjadi orang yang lebih sehat.
  6. Aku ingin menjadi orang yang …….

Semua ini adalah tujuan yang mulia, baik namun tidak spesifik. Dan bila sebuah tujuan seseorang untuk bertindak tidak spesifik bahayanya adalah ia akan semakin mudah tergoda untuk tidak berusaha mencapainya.

Seseorang yang “ingin menjadi kaya” ketika mendapati bahwa ternyata gajinya tidak cukup, ia kemudian malah bermalasan. Ia kemudian beralasan bahwa kekayaan itu tidak hanya kekayaan harta tapi juga kekayaan jiwa. Padahal ia tahu yang membuktikan apakah jiwanya kaya atau tidak adalah dengan memberikan sebagian hartanya. Dan ia kemudian bermalas-malasan.

Beda dengan orang yang memiliki tujuan yang spesifik atau jelas. “Saya ingin memiliki penghasilan lima juta rupiah perbulan.” Ia sadar bahwa ketika ia hanya mendapatkan 3,5 juta rupiah perbulan, berarti ia belum mencapai tujuannya, dan ia akan bekerja keras dengan meningkatkan usahanya.

Sekarang, kita bisa mempraktekkan dengan diri kita masing-masing. Apakah sudah memiliki tujuan yang jelas atau belum?

Namun tujuan yang jelas saja ternyata tidak cukup sahabat. Ada langkah selanjutnya yakni membayangkan kesulitan yang harus dihadapi. Karena dengan demikian kau tidak akan terbuai dengan angan-angan semu. Ada hal-hal atau kesulitan yang akan kau temui. Namun kesemuanya sudah terbayangkan dalam anganmu.

Hal ini membuatmu tidak akan mudah patah semangat dalam mencapai tujuanmu. Karena engkau memang sudah memahami bahwa untuk mencapai tujuan tersebut, akan ada kendala yang kau temui.

Dan langkah terakhirnya adalah menulis semuanya. Ya betul sahabat, menulis tujuan, cita-cita yang telah kita bayangkan dengan jelas dan spesifik. Sekaligus menuliskan hal-hal apa yang kira-kira akan mengganggu perjalanan meraih cita-citamu. Dengan menuliskannya engkau akan menemukan semangat ketika banyak kejadian yang menurunkan gairahmu.

Wallahu A’lam

Sumber artikel: Nine Things Successful People Do Differently

Karangan : Heidi Grant Halvorson

Sumber gambar ilustrasi: www.flickr.com

 

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s