Apa Beda Pengusaha Sukses dan Tidak?

Pertanyaan ini seringkali bergulir dari dulu hingga sekarang. Dan jawabannya sungguh mengejutkan. Bukan berarti pengusaha atau pebisnis yang sukses itu mengetahui lebih banyak. Bahkan bisa jadi mereka awalnya tidak tahu banyak.

Namun yang membedakan adalah keinginan mereka yang seakan tidak pernah ada habisnya untuk mengetahui cara yang benar. Hal ini sangat berbeda dengan yang tidak sukses. Mereka cenderung tidak sukses karena mempertahankan pengetahuan mereka sekarang ini.

Mereka hanya ingin mempertahankan apa yang mereka ketahui. Mereka tidak tergerak dan tidak tertarik untuk mengetahui lebih baik, atau lebih banyak. Mereka tidak bersemangat untuk mencari tahu. Dan itulah akhirnya yang membuat mereka tidak menjadi seorang yang sukses.

Cara berpikir. Memang itu akhirnya yang membedakan antara yang sukses dan yang tidak sukses. Para pemenang senantiasa mencari tahu cara untuk mendapatkan hasil lebih baik. Ketika mereka mendapatkan hasil tersebut mereka juga tidak berhenti. Mereka masih ingin mendapatkan yang lebih baik lagi.

Dan hasilnya memang sebuah alur yang tidak berkesudahan. Ketika mencapai puncak dan sepertinya berakhir, sebenarnya itu sebuah awal untuk mencari kembali cara yang lebih baik. Terus menerus dan tidak berhenti.

Sementara sebaliknya, bagi mereka yang tidak memiliki cara berpikir seperti ini cenderung akan cepat puas ketika mendapatkan sebuah hasil yang memenuhi angan-angan mereka. Seakan-akan sudah mendapatkan pengetahuan dan kemampuan yang mumpuni padahal belum sama sekali.

Dan ketika cara berpikir ini sudah berbeda, bisa dipastikan sikap dan tingkah laku dalam menangani bisnisnya akan berbeda. Seperti apakah cara pandangmu sahabatku? Baik yang kini ingin memulai atau telah memiliki usaha, sebaiknya mulai menentukan cara berpikir.

Wallahu A’lam Bish Showab

Sumber artikel : The E-Myth Revisited, Why Most Business Don’t Work And What To Do About It

Karangan : Micheal E. Gerber

Sumber gambar: http://www.flickr.com

 

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s