Bila Top Performer telah Berpikir Untuk Pindah

Pegawai atau karyawan yang berbakat dan memiliki performa yang bagus pasti menyenangkan atasannya. Para manajer akan mati-matian untuk mempertahankan mereka. Namun biasanya para mananer atau atasan hanya berpikir bahwa yang menjadi penentu bawahan mereka tetap atau pindah adalah jumlah gaji.

Padahal ada bebarapa bentuk imbalan lain selain gaji yang bisa digunakan untuk mempertahankan para top performer ini. Minimal ada tiga yang bisa digunakan,

Waktu kerja yang fleksibel.

Terkadang perusahaan sekarang ini melihat pekerjaan itu berdasarkan jam kerja. Namun ke depan banyak pegawai yang kemudian harus mengambil pilihan antara pekerjaan dan keluarga. Dan bayangkan bila mereka bisa mendapatkan keduanya dengan perusahaan yang memberikan kebebasan pilihan waktu kerja.

Penghargaan

Terkadang masih jarang para atasan yang melakukannya. Atau ketika mereka melakukannya mereka tidak terlihat tulus menghargai karyawannya. Padahal menunjukkan rasa terima kasih tidaklah harus mahal. Bisa dengan memberikan surat via email dengan sentuhan personal tentunya. Atau bisa juga dengan diajak makan siang. Penghargaan ini membuat para karyawan untuk tetap betah.

Istirahat sejenak

Tidak banyak memang yang bisa melaksanakan ini. Mengambil istirahat sejenak barang 5 atau 10 menit untuk bersama-sama keluar untuk berjalan-jalan atau bila ada fasilitas gym, ya berolahraga bersama. Padahal sudah banyak hasil penelitian yang menunjukkan bahwa dengan break setelah konsentrasi penuh di pekerjaan akan memberikan semangat baru ketika memulai kembali pekerjaan.

Karena artikel ini dibuat oleh orang di Amerika, dan budaya mereka bisa jadi ada yang tidak sama dengan kebudayaan kita maka tidak semua saran tadi bisa dilaksanakan dengan mudah. Namun bila kamu membutuhkan cara untuk mempertahankan top performer-mu selain dengan gaji selangit, cara di atas patut dicoba.

Sumber artikel: www.hbr.org

Sumber ilustrasi: www.flickr.com

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s