Butuh Gembok agar yang Jujur Tetap Jujur

Gembok untuk menjaga kejujuran

Seorang tukang kunci mengatakan bahwa gembok diperlukan untuk menjaga kejujuran. Ia menyatakan bahwa manusia ini dibagi menjadi tiga golongan. Pertama, adalah orang yang tidak akan pernah mencuri. Jumlah orang ini tidak banyak, hanya 1%.

Yang kedua adalah jenis manusia yang selalu akan mencoba berbagai cara untuk mencuri. Namun jumlahnya tidak banyak. Ia juga hanya 1%. Bagaimana dengan sisanya?

Sisanya atau 98% adalah orang yang jujur yang tidak mencuri, asalkan tidak mudah tergoda untuk mencuri. Oleh sebab itulah muncul gembok atau kunci. Ia membuat kita yang berada di 98% ini tidak mudah tergoda untuk mencuri.

Ada benarnya juga Pak Tukang Kunci ini. Sebagian besar dari kita bukanlah orang yang termasuk dalam dua golongan 1%. Dan untuk itu kita juga butuh kunci atau gembok agar tidak tergoda.

Bagaimana dengan contoh di kehidupan nyata? Tidak jauh berbeda. Kita termasuk 98% yang tidak bersih dari perbuatan salah. Tapi kita butuh gembok yang membuat kita tidak mudah tergoda untuk melakukan maksiat atau perbuatan yang salah.

Kita butuh pakaian yang menutup aurat sebagai gembok agar tidak mudah tergoda mengumbar syahwat. Kita butuh mesin absensi agar tidak mudah tergoda bolos. Kita butuh password agar tidak mudah tergoda untuk membobol account orang lain.

Karena kita adalah manusia biasa yang memiliki potensi untuk berbuat salah dan berbuat yang benar, maka kita butuh pengaman agar mengurangi kemudahan kita tergoda untuk berbuat salah.

Bisa jadi inilah alasan mengapa kantin kejujuran di kantor kejaksaan di Surabaya mengalami kerugian. Dan mungkin ini jugalah salah satu alasan kenapa KPK harus tetap ada dan tidak dilemahkan. Kita yang 98% ini membutuhkan gembok agar tetap jujur.

Bagaimana menurutmu?

Wallahu A’lam

Sumber: http://www.business.time.com

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s