Apa Kata Steve Jobs tentang Kekuatan Produk?

Sahabat, semua sudah tahu keunggulan produk Steve Job dibanding pesaingnya. Aku tidak akan membicarakan hal itu. Namun kali ini kita akan belajar sebuah pelajaran penting tentang produk yang diajarkannya.

Tujuan Utamanya Bukan Keuntungan tapi Produk yang “Insanely Great

Itulah tujuan sederhana dan kuat yang dimiliki Steve Jobs. Dia tidak ingin hanya membuat sebuah produk yang menguntungkan. Tapi yang ingin dia capai adalah ingin membuat produk yang “Insanely Great” alias top abis.

Ketika membuat Macintosh pertama kali di tahun 80-an para teknisinya bingung. Komputer yang sangat hebat seperti ini akan menelan biaya yang sangat besar kata salah seorang kepala teknisinya. “Sudahlah jangan berbicara tentang biaya dulu buatkan saja komputer yang hebat!” Kata Jobs.

Jangan Kompromi! Katanya ketika berkumpul dengan timnya. Hasilnya, ia membuat sebuah mesin yang ternyata menelan biaya yang sangat besar hingga akhirnya ia dikeluarkan dari Apple.

Namun ternyata hasilnya sepadan. Produknya menjadi sebuah produk yang akhirnya merevolusi PC. Dan akhirnya terbayar juga kerja kerasnya, keuntungannya semakin besar. “Fokuslah untuk membuat produk yang hebat, maka keuntungan akan mengikutinya.”

John Sculley, yang memimpin Apple di tahun 1983-1993 adalah seorang marketer Pepsi. Dia memfokuskan pada keuntungan daripada membuat produk yang hebat sejak Jobs tidak di Apple. Dan akhirnya keuntungan yang diraih pun menurun sesuai dengan menurunnya kualitas produk.

“Ketika seorang marketer menjadi pimpinan sebuah perusahaan, kualitas produk tidak lagi menjadi perhatian utama karena yang utama adalah menghasilkan keuntungan. Dan itulah yang terjadi ketika Sculley berada di Apple.” Begitu kata Jobs.

Ketika Jobs kembali ke Apple, produk-produk yang hebat kembali bermunculan. Dimulai dengan iMac, kemudian, iPod, iPhone dan iPad. Semuanya muncul karena fokus Apple adalah membuat produk yang hebat.

Memang keuntungan itu sesuatu yang penting. Dengan keuntungan kita bisa terus membuat produk yang hebat. Tapi fokus dan tujuan utamanya adalah membuat produk yang hebat. Ketika tujuannya dibalik untuk mendapatkan keuntungan, meski bedanya tipis, efeknya luar biasa berbeda.

Kanibal, Kenapa Tidak?

Ketika Jobs membuat iMac, ia mengakui bahwa ada kesalahan yang ia buat. iMac kuat untuk mengolah video dan gambar, tapi untuk musik, ia tidak mumpuni, kalah dengan yang lain. iMac tidak bisa digunakan untuk burning cd.

Namun, anehnya, ia tidak mengupgrade iMac. Ia malah berpikir untuk membuat sebuah sistem yang akan mengubah industri musik. Dan hasilnya adalah kombinasi yang hebat antara iTunes, iTunes Store, dan iPod yang membuat penikmat musik tergila-gila.

Setelah ia sukses dengan iPod, ia tidak berhenti. Ia sadar, mau tidak mau produknya ini suatu saat akan tergusur. Ia kemudian melihat bahwa semakin banyak orang akan menikmati musik dari HP. Makanya ia segera membuat iPhone yang mengkanibal keuntungan iPod. “Kanibal, kenapa tidak? Bila kita tidak mengkanibal produk kita sendiri, produk orang lain yang akan mengkanibalnya.”

Wallahu A’lam

Artikel Asli

2 responses to “Apa Kata Steve Jobs tentang Kekuatan Produk?

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s