Kita dan Orang Besar di Dunia

Janganlah kau terlalu bersedih bila ujian datang kepadamu sahabatku

Sahabatku, pernahkah kau membaca biografi orang-orang yang sukses? Bila kau pernah, kau pasti telah mendapati beberapa karakter tertentu yang muncul pada diri mereka.

Berkaitan dengan cobaan atau ujian, mereka juga pasti pernah mengalaminya. Bahkan tidak jarang mereka menjadi besar karena munculnya ujian-ujian tersebut.

Banyak ujian yang sukses mereka jalani. Sehingga mereka tertempa dengan menghadapi kesulitan dan akhirnya mereka terbiasa untuk menemukan solusi dalam kesulitan.

Di saat sebagian besar manusia kesulitan menemukannya mereka seolah-olah muncul dengan solusi yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.

Sebenarnya mereka tidak sehebat yang kita bayangkan. Mereka hanya telah berhasil melampaui ujian atau cobaan yang kita belum berhasil melewatinya.

Ya, hanya itulah yang mereka lakukan. Tidak ada yang terlalu istimewa? Mereka tidak dibekali gen seorang manusia super yang kebal dengan berbagai macam kesulitan.

Bahkan tidak jarang mereka juga menangis. Mereka juga merasakan sakit sebagaimana sakit yang kita rasakan bila kita terjatuh. Mereka pilu ketika orang yang terkasih mengkhianati mereka.

Tapi mereka tidak berhenti di menangisi nasib mereka yang apes. Mereka sadar bahwa ini adalah hidup mereka. Dan oleh sebab itu hanya mereka yang lebih berhak untuk menentukan kualitasnya.

Hidup kita berada di tangan kita sahabatku. Apakah kita ingin hidup kita menyedihkan atau menyenangkan semua terserah kepada kita.

Ujian dan cobaan boleh saja datang dan pergi. Namun kebahagiaan dan kegembiraan adalah sesuatu yang hanya kita yang menentukan bagi diri kita.

Senantiasalah melihat ujian sebagai sebuah langkah belajar. Allah sedang membuat hamba-Nya ingin belajar tentang kehidupan dunia.

Dan bila kita berhasil, kita lah yang akan mendapatkan manfaat yang terbesar. Kita dibekali untuk selangkah lebih maju. Oleh sebab itu, tersenyumlah, bergembiralah, relakanlah atas apa yang terjadi pada kita semua. Semoga kita bisa belajar dari masalah dan ujian yang  menimpa kita.

Wallahu A’lam.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s