Sekolah, Ujian dan Liburan

Sungguh menakjubkan Islam ini. Dalam kehidupan kita, manusia, masa pendidikan sekolah dalam setahun berlangsung selama 10 bulan. Masa ujiannya hanya 2 pekan dan liburannya selama 1,5 bulan.

Sedangkan dalam Islam masa sekolah kita hanya satu bulan yakni di bulan Ramadhan. Namun masa ujiannya di sebelas bulan berikutnya. Liburnya? Hanya ketika kita dipanggil oleh Allah menuju alam barzah, itulah masa istirahat atau liburan kita.

Sahabatku, kini kita telah ditinggalkan oleh masa kita belajar dan bersekolah. Di masa itu kita diajari betapa besarnya balasan ibadah kepada Allah. Di saat itu kita diminta untuk beribadah yang secara lahirnya tidak diketahui oleh orang lain dengan berpuasa. Kita benar-benar dididik untuk mengikhlaskan semua amal kebaikan hanya untuk Allah semata.

Sekarang, kita memasuki masa ujian. Panjangnya selama sebelas bulan hingga nanti kita akan bertemu kembali dengan masa sekolah dan belajar kita. Sukses dan tidaknya proses belajar dilihat dari aktivitas kita di masa ujian ini. Bisakah kita lulus dalam ujian ini? Ataukah proses belajar kita hanya sebuah formalitas semata untuk menggugurkan kewajiban kita dan mendapatkan ijazah formal lulus kewajiban puasa dengan ber-idul fitri?

Jawabannya hanya engku dan Allah saja yang tahu hai Sahabatku.

Karena sebenarnya sekolah dengan baik tidak cukup untuk lulus. Dinyatakan lulus seseorang ialah bila telah melakukan ujian dan mendapatkan hasil yang baik. Dan begitu pulalah kita dalam menjalani hidup kita. Ujian kita di 11 bulan berikut inilah yang bisa menunjukkan apakah Ramadhan yang menjadi waktu belajar kita, telah memberikan waktu yang optimal untuk belajar atau tidak.

Kita sebagai siswa telah mendapatkan proses pembelajaran dan guru yang terbaik. Tinggal diri kita, apakah telah menjadi siswa yang terbaik atau tidak? Dan patokannya kembali lagi, sudahkah kita menjawab persoalan kehidupan yang pasti datang sesuai dengan aturan Allah? Sudahkah ilmu-ilmu ketika Ramadhan bisa kita buktikan ketika ujian? Bisakah kita lulus dengan cum-laude (khusnul khotimah)?

Semoga Allah memberikan kepada kita semua ilmu yang bermanfaat, keteguhan, keimanan yang kuat dalam menjalani ujian kehidupan. Dan semoga kita bisa meng-upgrade diri kita dengan bertemu Ramadhan berikutnya. Atau bila kita berlibur, kita memasuki liburan itu dengan predikat lulus dengan nilai terbaik.

Wallahu A’lam Bishshowaab

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s