Pembagian Paket Lebaran Tanpa Kupon, Tanpa Berdesakan, Tanpa Berebut Ala PKPU Surabaya

This slideshow requires JavaScript.

“Tahun lalu (2011) setelah para anak yatim pulang berbelanja bersama PKPU Surabaya dalam acara Belanja Bareng Yatim, Pak RW kami yang melihat keceriaan mereka sampai menangis”. Itu adalah salah satu ungkapan yang disampaikan oleh Ibu Ita, salah seorang tokoh masyarakat di Keputran Panjunan.

Rasa bahagia terpancar di wajah para penerima manfaat ketika kemarin (Jumat, 17/8/2012) saat PKPU Surabaya mengunjungi area di Keputran Panjunan. PKPU Surabaya datang untuk melaksanakan Pembagian Paket Lebaran khusus bagi yatim dan dhuafa di daerah tersebut. Tidak banyak memang, hanya 40 paket untuk yatim yang berisi, beberapa makanan kecil dan syrup, serta 50 paket berisi sembako bagi para janda. “Kami sangat senang dengan kehadiran PKPU Surabaya yang datang untuk membantu para yatim dan janda yang ada di Keputran Panjunan ini” ungkap Bu Albert, Kader penggerak PKK RW II Kelurahan Embong Kaliasin dalam sambutan acara tersebut.

Sudah menjadi cara PKPU Surabaya ketika membagikan paket bagi para mustahik untuk mendatangi dan tidak mengundang mereka datang ke kantor. Alhamdulillah dengan cara ini, tidak ada insiden berebut dan berdesakan untuk mendapatkan paket lebaran padahal ketika itu tidak ada kupon atau undangan resmi.

Siti Lutfiah, Kepala Bidang Program PKPU Surabaya mengatakan, “PKPU Surabaya memang sengaja mengajak para tokoh masyarakat sekitar untuk bekerjasama. Meski demikian, bukan berarti tanpa ada seleksi dan diserahkan sepenuhnya kepada tokoh masyarakat tersebut. Kami juga menyeleksi tokoh masyarakat yang kami ajak kerjasama. Tidak heran, tanpa ada kupon dan undangan tertulis, semua penerima manfaat mendapatkan paket lebaran. Semua berkat kerjasama dari tokoh masyarakat di Keputran Panjunan sendiri yakni Ibu Ita.”

Ibu Ita, selaku tokoh masyarakat yang ada di sana, termasuk orang yang aktif membantu para janda dan yatim. Beliau sudah sering keluar masuk kantor dinas dan lembaga sosial dengan modal proposal untuk mencari dana bagi para tetangganya. “Alhamdulillah, PKPU Surabaya selama ini telah banyak membantu kami. Dan Pak RW II, meski belum bisa hadir pada kesempatan kali ini, mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas bantuan yang disalurkan oleh PKPU Surabaya.”

Keputran Panjunan memang menjadi pilihan PKPU Surabaya untuk membagikan paket lebarannya. Di sana banyak penghuninya adalah janda dan yatim. Jumlahnya pun tidak bisa dikatakan sedikit, dari satu area Keputran Panjunan saja ada 100 lebih anak yatim. Dan lebih hebatnya lagi, tidak ada panti asuhan di sana. Praktis semua anak tersebut tinggal bersama ibu dan anggota keluarga lain yang mengasuhnya. Hal inilah yang ingin PKPU Surabaya hargai, perjuangan seorang ibu yang tetap membesarkan anak dalam kasih sayang keluarga. Meski mereka (para ibu dari anak yatim) harus mencari nafkah dengan berjualan kecil-kecilan.

Sedangkan para jandanya, sengaja kami pilih mereka yang tidak lagi sanggup memenuhi kebutuhan hidupnya sendiri (tidak mampu bekerja). Meski demikian, anggota keluarga lainnya tetap mengurus dan menyayangi mereka dan tidak memasukkannya ke panti jompo atau ke tempat yang lain. Perjuangan dan kasih sayang inilah yang sangat berharga. Dengan berbagai keterbatasan, mereka tetap berjuang.

Di acara yang berlangsung singkat yakni mulai jam 10.00-10.30 WIB tersebut, PKPU Surabaya mendapatkan dukungan dari The Naff Creative and Fun School, Komunitas TDA (Tangan Di Atas), donatur di RS PHC, dan beberapa donatur ritel lainnya. Semoga perhatian kita terhadap perjuangan mereka memberikan secercah harapan untuk menggapai masa depan yang lebih cerah.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s