Infaq akan Menumbuhkan “Downline” Kebaikan

Berinfaq bagaikan menebar kebaikan yang akan tumbuh dan berkembang sebagaimana bibit yang disebar akan tumbuh di tanah yang subur

Infaq betapapun kecil nilainya adalah sesuatu yang berharga di sisi Allah. Bukan nilai pemberiannya tapi kesediaannya untuk berbagi dan memberikan sebagian rizki yang diberikan Allah kepada dirinya untuk orang yang membutuhkan.

Berinfaq memberikan pemiliknya kebaikan berkali-kali lipat dari yang mereka infaqkan. Di dalam Qur’an, Surat Al-Baqarah 261, Allah telah berfirman.

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.

Dalam Tafsirnya, Ibnu Katsir menjelaskan, ayat ini menunjukkan Allah menumbuhkan perbuatan baik bagi pelakunya sebagaimana Ia menumbuhkan tanaman bagi siapapun yang menyebar benih di tanah yang subur.

Teringat beberapa diskusi dengan salah seorang facebooker dan ustadz kami di PKPU. Zakat, infaq dan sedekah ketika ditunaikan akan memberikan efek yang luar biasa, barangkali kita tidak bisa menghitunya.

Seseorang yang miskin yang tidak memiliki uang untuk membeli kebutuhan pokok, tidak bisa memenuhi kebutuhannya di pasar. Pasar atau toko, karena permintaan yang kecil, maka ia pun akan mengurangi tenaga yang dibutuhkan. Selain itu dia juga akan meminta persediaan dari pedagang besar dalam jumlah yang kecil. Pedagang besar karena hanya mengirim permintaan yang sedikit, dia hanya bisa membeli barang pokok dari petani dan produsen dalam jumlah yang terbatas. Banyak pihak yang merasakan efek dari kemiskinan.

Namun begitu ada yang berinfaq, maka si miskin yang mendapatkan dana infaq, akhirnya bisa membeli kebutuhannya. Bila semakin banyak yang berinfaq, semakin banyak fakir miskin yang bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari, hal ini juga membuat semakin meningkat pula kebutuhan yang harus disediakan oleh pasar. Ketika kebutuhan meningkat, pasar atau toko secara otomatis membutuhkan persediaan yang tinggi, dia juga membutuhkan tenaga kerja baru. Ketika di sini, sudah berapa lapangan pekerjaan yang telah diciptakan oleh infaq? Berapa banyak rumah tangga yang tercukupi kebutuhannya? Subhaanallah.

Tapi tidak hanya berhenti di sana. Permintaan toko dan pasar meningkat, pedagang besar juga membutuhkan stok yang banyak. Ia akhirnya membutuhkan bahan pokok, barang dan tenaga kerja untuk mengurus itu semua. Bertambahlah lapangan kerja yang ada. Dan bertambah pula rumah tangga yang mampu memenuhi kebutuhannya dengan hasil yang halal insya Allah. Ketika pedagang besar membutuhkan stok barang yang besar, produsen dan petani juga mendapatkan keuntungan. Barang dan hasil bumi yang mereka hasilkan memiliki harga yang tinggi (seharusnya).

Itu hanya dari satu bahan atau barang kebutuhan saja. Bagaimana dengan kebutuhan yang lain. Dengan infaq, banyak lapangan kerja tercipta, banyak rumah tangga yang bisa memenuhi kebutuhannya dengan hasil usaha yang halal.

Dari satu bibit kebaikan akan memunculkan bibit-bibit kebaikan yang lain dalam jumlah yang besar

Dan bagi yang berinfaq bila dia niatkan ikhlas karena Allah maka benarlah yang disampaikan Allah bahwa kebaikan dalam berinfaq akan tumbuh sebagaimana tumbuhnya tanaman dalam tanah yang subur sehingga satu kebaikan bisa menghasilkan 700 kebaikan bahkan lebih.

Wallahu A’lam Bish Showab

Ingin mendapatkan kebaikan yang tumbuh dan berkembang? salurkan zakat, infaq dan sedekah anda ke PKPU Surabaya dengan rekening

BCA (513.005.6026)

Mandiri (140.000.122.0291)

BNI (004.230.2139)

Bank Muamalat (701.003.9015)

BSM (008.004.0000)

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s