Apakah Tanah Wajib Dizakati? Ada Empat Jawaban Berbeda

Tanah, apakah ia wajib dizakati?

Pertanyaan ini juga muncul ketika kami (Tim PKPU Surabaya) berdiskusi dengan salah seorang ustadz. Beliau menjawab, tergantung. Tergantung niatan di awal ketika ia memiliki tanah tersebut.

  1. Apabila memang tanah tersebut di awal diniatkan untuk diolah sendiri atau digunakan untuk aktivitas produksi, misal pertanian, maka yang wajib dibayarkan adalah zakat pertaniannya.
  2. Bila tanah tersebut digunakan untuk aktivitas konsumsi seperti untuk didirikan sebagai rumah atau bangunan lain yang digunakan sendiri oleh pemiliknya, tanah tersebut tidak wajib zakat.
  3. Bila tanah tersebut dimiliki awalnya sebagai simpanan, maka bila harganya telah melebihi harga 85 gram emas (sekitar Rp45 juta), maka ia wajib membayar zakat sebesar 2,5% dari harga tanah tersebut.
  4. Bila tanah tersebut ternyata dimiliki sebagai niatan untuk perdagangan, maka bila telah mencapai satu tahun dan melebihi nishabnya (sama sebagaimana no.3) maka ia wajib membayar zakatnya 2,5%.

Di beberapa kesempatan juga ada pertanyaan, yang mirip, apakah tanah pekarangan terkena zakat? Maka jawabannya adalah apakah pekarangannya ia gunakan untuk konsumtif (seperti menanam pohon atau bunga, yang tidak memiliki kekuatan produksi untuk hasilnya dijual) maka tanah tersebut tidak wajib zakat.

Bila pekarangannya luas semisal satu hektar dan digunakan untuk tanaman padi dan menghasilkan yang hasilnya melebihi dari 653 kg beras, maka ia wajib membayar zakat pertanian. Besarnya 10% bila tidak ada biaya pemeliharaan, dan 5% bila ada biaya pemeliharaan.

Demikian jawaban kami, semoga bisa membantu.

Wallahu A’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s