Al-Ahmadi Salurkan Zakat Fitrah Ke PKPU

This slideshow requires JavaScript.

Surabaya_ Ramadhan adalah bulan spesial bagi umat Islam. Banyak “bonus” yang diberikan Allah swt di dalamnya. Ibadah-ibadah yang disyariatkan di Ramadhan juga spesial, ibadah tersebut adalah puasa dan zakat fitrah.

Zakat fitrah adalah sebuah kewajiban yang dikenakan kepada semua umat Islam, baik dia dewasa atau anak-anak, tua atau masih bayi, semua jiwa harus ditunaikan zakat fitrah atau jiwanya. Zakat fitrah ini memang khusus untuk jiwa. Untuk harta, Islam sudah mewajibkan pemeluknya untuk membayarkannya melalui kewajiban zakat maal atau zakat harta.

Zakat fitrah atau zakat jiwa memang disyariatkan khusus di bulan Ramadhan. Ia ditujukan untuk menyucikan jiwa seluruh umat Islam, sehingga ketika masuk 1 Syawal, telah bersihlah jiwa umat Islam keseluruhannya. Sedangkan untuk harta yang telah terkumpul melalui zakat fitrah disalurkan kepada para mustahik (golongan yang berhak menerima zakat) terutama dari golongan fakir dan miskin. Bahkan Rasulullah sendiri menegaskan bahwa zakat fitrah ini memang untuk memberikan makan bagi para orang fakir dan miskin sehingga mereka tidak lagi meminta-minta di hari raya.

Menyadari akan kewajiban menunaikan zakat fitrah dan bersedekah,  TK dan SD Al-Ahmadi menyerahkan hasil zakat fitrah dari siswa dan wali muridnya ke PKPU Surabaya. Penyerahan dilakukan dalam waktu yang berbeda, SD Al-Ahmadi menyerahkan zakat fitrah sebesar Rp 1.000.000 rupiah dan infaq yatim sebesar Rp 1.000.000 di hari Sabtu (4/8/2012) di sela-sela aktivitas pondok Romadhon. Ketika itu, para siswa juga diajak untuk belajar tentang Cinta Ramadhan dan Cinta Rasul oleh Adri Suyanto, seorang trainer

Sedangkan TK Al-Ahmadi menyerahkan infaq dan Shadaqah sebesar Rp 1.000.000 kepada PKPU Surabaya pada hari Rabu (8/8/2012). Dana ini pun berasal dari siswa dan wali muridnya. Dalam sambutannya, M. Azwar Anas, selaku Kepala Bidang Penghimpunan PKPU Surabaya, mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kesediaan berbagi dari para adik-adik yang masih belia namun paham berderma. Dana yang diberikan kepada PKPU Surabaya baik melalui Tali (Tabung Peduli) ataupun infaq sedekah yang diberikan akan disalurkan kepada para mustahik terutama dalam program beasiswa bagi siswa dhuafa.**rss

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s