“Lho, Zakat itu Tidak Hanya Fitrah Ya Pak?”

Image“Iya Bu” Jawabku. Menjawab pertanyaan-pertanyaan dari ibu-ibu yang ada di perumahan tempat penulis tinggal memang susah-susah mudah. Dan memang informasi tentang zakat ini hanya sekelumit saja yang dipahami oleh masyarakat. Sebagian besar hanya mengetahui bahwa yang namanya zakat itu hanya zakat fitrah yang berupa beras di akhir Ramadhan.

Padahal, dalam Islam selain zakat fitrah yang fungsinya untuk mensucikan diri, ada zakat yang juga penting yakni Zakat Maal atau harta. Sekarang harta apa sajakah yang harus dizakati? Mobil, motor, rumah, laptop, apakah barang-barang tersebut harus dizakati?

Tidak semua barang itu wajib dizakati. Yang wajib dizakati adalah yang halal dan produktif. Maka mobil, motor, rumah, dan barang-barang lain wajib dizakati bila barang-barang tersebut produktif atau menghasilkan. Sebaliknya, bila barang-barang tersebut ternyata digunakan atau untuk kepentingan konsumtif maka ia tidak wajib dizakati.

Selain itu ada barang atau harta benda lain yang berpotensi menjadi barang produktif, misal emas, perak, uang dan berbagai macam simpanan yang lain.

Maka sekarang, harta benda apa sajakah yang ada di rumah kita yang wajib dizakati?

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s