Puasa (bag.4), Lailatul Qadar dan Amalan Sunnah Ramadhan

Baca Quran saat Ramadhan (flickr.com)

LAILATUL QADAR DI BULAN RAMADHAN

      Lailatul Qadar adalah malam yang paling mulia, dia adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Mayoritas ulama mengatakan bahwa lailatul qadar diturunkan oleh Allah SWT pada bulan Ramadhan di malam ganjil pada sepuluh (10) malam terakhir. Berikut ini adalah beberapa nash tentang lailatul qadar tersebut :

Sesungguhnya kami telah menurunan Al-Qur’an pada malam lailatul qadar. Dan tahukah kamu apakah lailatul qadar itu? Lailatul qadar itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala sesuatu. Malam itu penuh kesejahteraan sampai terbit fajar. (QS Al Qadar ; 1-5). Barang siapa yang shalat pada malam lailatul qadar, karena iman dan mengharap pahala dari Allah SWT, akan diampuni semua dosa yang telah lalu.” (HR. Bukhari).

 

AMALAN-AMALAN SUNNAH DALAM RAMADHAN

            Disamping ibadah wajib puasa Ramdhan, kita juga sangat dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sunnah. Sebab nilai ibadah sunnah dalam bulan Ramadhan bagaikan ibadah wajib dalam bulan-bulan lain. Di antara ibadah sunnah yang dianjurkan adalah :

  1. Sikap kedermawanan

Hadits Rasulullah SAW :

Rasulullah yang sangat dermawan, dan beliau lebih dermawan lagi ketika beliau berada di bulan Ramadhan, ketika beliau bertemu dengan Jibril. Dan beliau bertemu dengan Jibril tiap malam di bulan Ramadhan untuk mengulang-ngulang Al-Qur’an kepadanya. Rasulullah SAW lebih dermawan dengan kebaikan dari angin yang sedang berhembus. (HR. Bukhari)

  1. Makan Sahur

Makan sahur adalah makan yang diberkahi Allah SWT, jadi kita disunnahkan untuk makan sahur. Disamping itu, makan sahur yang paling baik adalah makan sahur yang diakhirkan. Rasulullah SAW bersabda : bersahurlah sesungguhnya didalam sahur itu ada barakah. (HR. Bukhari-Muslim)

Makan sahur adalah makan yang penuh dengan berkah, jadi kita disunnahkan untuk makan sahur walaupun dengan seteguk air.

  1. Memperbanyak do’a

Hadits Rasulullah SAW :

Tiga orang yang do’anya tidak ditolak oleh Allah SWT, orang puasa hingga berbuka, imam yang adil dan orang yang teraniaya. (HR. Tirmidzi)

  1. Cepat berbuka jika waktunya telah tiba

Hadits Rasulullah SAW :

Orang-orang muslim selalu dalam kebaikan, selagi mereka cepat-cepat berbuka. (HR. Bukhari)

  1. Bersunggguh-sungguh dalam beribadah pada sepuluh malam yang terakhir

Rasulullah SAW jika telah masuk hari sepuluh yang terakhir di bulan Ramadhan, beliau menghidupkan malamnya (dengan banyak beribadah), membangunkan keluarganya, mengencangkan ikat pinggangnya. (HR. Bukhari-Muslim)

  1. Menahan diri dari hal-hal yang merusak pahala puasa

Puasa yang bisa meningkatkan kualitas iman dan ketaqwaan adalah puasa yang dilakukan dengan benar dan menjaga rambu-rambunya. Rasulullah SAW bersabda : Barang siapa puasa bulan Ramadhan, ia tahu larangan-larangannya, ia jaga apa yang harus dijaga, akan dihapuskan semua dosanya yang telah lalu. (HR. Ibnu Hibban)

  1. I’tikaf

Aisyah ra berkata kepada Rasulullah beri’tikaf pada sepuluh hari yang terakhir dari bulan Ramadhan hingga ia meninggal dunia. Kemudian istri-istri beliau juga beri’tikaf setelah wafatnya. (HR Bukhari-Muslim)

  1. Memperbanyak membaca Al Qur’an dan hadits Rasulullah SAW

Puasa dan Al Qur’an, keduanya akan memberi syafa’at di hari Qiamat. Puasa berkata ya Allah aku telah mencegahnya dari makan dan nafsunya siang hari, maka berikanlah syafa’atku padanya. Al Qur’an berkata, aku telah mencegah tidur di malam hari, berikanlah syafa’atku kepadanya. Maka diterimalah syafa’at keduanya. (HR. Ahmmad).

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s