Karakter Tulen Pengusaha dari Abu Bakar Ash-Shiddiq

diambil dari abutholhah.wordpress.com

Keimanannya tidak diragukan lagi. Bahkan Rasulullah saja memuji kekuatan imannya. Ia adalah satu-satunya orang yang diajak nabi untuk hijrah. Dan ia adalah sahabat terdekat Rasulullah saw. Ia adalah orang yang tidak pernah sanggup dikalahkan oleh Umar dalam urusan shadaqah. Betul, ia adalah Abu Bakar Ash Shiddiq.

Kita mungkin sudah tidak asing lagi dengan sahabat nabi yang satu ini. Ia adalah seorang pengusaha ulung. Ia tidak merasa khawatir ketika ia menshodaqohkan semua hartanya untuk berjihad di jalan Allah. Tidak lain hal ini adalah karena karakter tertentu sehingga ia merasa yakin bahwa ia memiliki hubungan yang khusus dengan Allah. Selain itu ada keahlian atau karakter khusus yang ia miliki dalam hal bisnis.

Ada empat karakter yang melekat pada diri Abu Bakar, yang semoga bisa membantu kita untuk memiliki karakter pengusaha yang Rabbani.

  1. Ia adalah seseorang yang lurus bahkan sebelum Muhammad SAW diangkat menjadi Rasul. Ia tidak mengikuti kebiasaan-kebiasaan kaumnya seperti minum khamr, berjudi, dan menyembah berhala.
  2. Mudah terenyuh dan segera membantu. Jiwa Abu Bakar adalah jiwa yang lembut, ia gampang merasa iba dan bersegera untuk menolong. Karena kelembutan hati dan kesegeraaan untuk menolong inilah banyak sahabat yang masuk Islam dengan perantaraannya, termasuk adalah Bilal bin Rabah.
  3. Mengenal silsilah. Abu Bakar adalah orang yang paling paham dengan silsilah keluarga di Mekkah. Ia mengenal seluk beluk, perilaku, karakter dan sifat dari tiap kabilah atau keluarga yang ada di Mekkah. Dalam bahasa sekarang mungkin adalah memiliki banyak networking dan paham betul luar dalam tentang jaringannya.
  4. Menjadi problem solver. Abu Bakar adalah seseorang yang senantiasa menjadi tujuan orang yang memiliki permasalahan. Baik internal keluarga atau kabilah atau antar kabilah. Karena ia banyak mengetahui karakter dan sifat kabilah-kabilah dan juga silsilahnya, ia menjadi orang yang dipercaya untuk menjadi juru damai di berbagai kesempatan. Dan bahkan memang kabilahnya ditunjuk oleh Quraisy untuk menjadi juru damai dari pihak Quraisy.

Empat karakter dasar inilah yang bisa jadi menjadi jalan bagi Abu Bakar untuk mendapatkan banyak jalur untuk berdagang. Ia adalah orang yang dipercaya dalam berbagai permasalahan. Ia juga orang yang mudah terenyuh dan bersegera untuk menolong serta banyak mengenal silsilah beserta sifat dan karakternya.

Apakah kita sudah menjadi orang yang lurus dalam keyakinan kita? Sudahkah kita mengenal semua jaringan-jaringan kita? Sudahkah kita menjadi pribadi yang halus perasaannya dan mudah menolong? Dan sudahkah kita menjadi problem solver bagi orang-orang yang berada di sekitar kita?

Semoga kita bisa meneladani karakter pengusaha tulen dari Abu Bakar.

Wallahu A’lam

Sumber: Abu Bakar As Siddiq, yang lembut hati, Karangan Muhammad Husain Haekal

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s