Bersyukur Pasti Menambah Kenikmatan

Marilah bersujud untuk bersyukur kepada-Nya (gambar diambil dari flickr.com)

Sahabatku, marilah di hari Jumat yang cerah ini kita mengucapkan syukur yang sebesar-besarnya. Syukur atas segala anugerah Allah yang telah kita terima selama ini. Kesehatan, kesempatan, keimanan, keluarga, dan nikmat-nikmat lainnya yang tidak akan cukup kita menghitungnya.

Kesyukuran kita adalah bentuk penghambaan diri kepada Allah SWT. Kita sadar dan paham betul bahwa Allah yang mengatur alam semesta, Dia-lah yang Memberikan penglihatan dan pendengaran. Tidak yang lain yang mampu memberikan hal yang serupa.

Kita bersyukur dengan senantiasa mengucap hamdalah, segala pujian hanyalah milik Allah. Bahwa semua kejadian, kesuksesan semua hanyalah berkat izin Allah. Kebaikan-kebaikan yang selama ini kita terima bukanlah buah tangan kita sendiri, melainkan ada peran Allah yang Maha Kuasa atas Segala Sesuatu.

Sahabatku, Allah sudah menyatakan bahwa dengan bersyukur, mendayagunakan yang telah dianugerahkan Allah, nikmat-Nya akan bertambah.

Sebuah contoh yang mudah. Bila kita telah diberikan nikmat mata, dan kita bersyukur dengan mendayagunakan mata ini dengan membaca dan belajar, niscaya Allah akan menambahkan pengetahuan dan pemahaman Islam bagi kita. Dan bertambahnya pengetahuan dan keimanan adalah sebuah nikmat yang besar. Belum lagi balasan Allah di Hari Akhir kelak.

Namun sebaliknya. Bila kita mendayagunakan nikmat mata ini dengan melihat sesuatu yang dilarang dan tidak disenangi oleh Allah. Secara tidak langsung otak kita akan memikirkan hal-hal yang tidak bermanfaat dan bahkan cenderung maksiat. Dan bukankah maksiat yang dijalankan adalah awalan munculnya balasan Allah yang dahsyat.

Dan benarlah janji Allah bahwa bila kita mensyukuri nikmat-Nya, anugerah akan bertambah. Namun bila kita kufur dengan tidak memanfaatkan nikmat tersebut sesuai dengan jalan yang diberikan Allah, kejelekan, keburukan akan senantiasa menyertai kita. Naudzu billah min dzalik.

Sungguh telah banyak nikmat yang Allah berikan sahabatku, maka marilah kita mengisi hari-hari kita dengan bersyukur kepada-Nya dengan menggunakan nikmat tersebut untuk beribadah dan tunduk kepada-Nya.

Wallahu A’lam

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s