Ingatlah Sahabatku, Akhirat adalah Tujuan yang Sebenarnya!

Sahabatku, jangan kau tertipu dengan dunia. Indah, megah dan menyenangkan memang hidup di dunia ini. Tapi ingat ia tidak kekal. Kita semua akan merasakan kematian. Termasuk rasa senang dan bahagia, ia akan hilang dan berganti.

Masih ada kehidupan lain setelah di dunia ini wahai Sahabatku. Dan di sanalah Allah menyatakan bahwa kita akan kekal abadi. Di sanalah sebenarnya kebaikan-kebaikan kita akan berharga.

Oleh sebab itu, ketika kita berbuat baik, jangan melihat nilainya di dunia ini! Dunia ini hanya sebentar, balasannya juga hanya sebentar, sementara. Jangan kau terpedaya! Memang dunia ini hanya ujian bagi mereka yang merindukan akhirat.

Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan

Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan.(QS. 11:15-16)

Maka tetapkanlah tujuanmu sebagaimana di awal sholatmu, bahwa semua yang kita lakukan, kerjakan, sholat, puasa, mencari nafkah, dan semua aktivitas kita hanya bagi Allah. Tidak ada sekutu bagi-Nya. Karena  bila kau hanya melakukan semua itu untuk alasan selain Allah kerugian yang nyata bagimu wahai Sahabatku.

Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), maka Kami segerakan baginya di dunia itu apa yang kami kehendaki bagi orang yang kami kehendaki dan Kami tentukan baginya neraka jahannam; ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir.

Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik.

Kepada masing-masing golongan baik golongan ini maupun golongan ituKami berikan bantuan dari kemurahan Tuhanmu. Dan kemurahan Tuhanmu tidak dapat dihalangi.

Perhatikanlah bagaimana Kami lebihkan sebagian dari mereka atas sebagian (yang lain). Dan pasti kehidupan akhirat lebih tinggi tingkatnya dan lebih besar keutamaannya. (QS. 17:18-21)

Bila kau mengharapkan hanya balasan akhirat, kau tidak akan mungkin merasakan rasa hina dan terkungkung. Ketika kau mendapatkan kebaikan ketika kau melaksanakan kebaikan, kau sadar bahwa ini adalah ujian apakah kita bersyukur atau kufur. Kau tidak mudah memalingkan muka terhadap dunia semata.

Ketika kau mendapatkan rasa sakit setelah melaksanakan kebaikan, kau tahu bahwa memang balasan yang sebenarnya bukanlah di dunia melainkan di akhirat. Sehingga kau akan terbebas dari rasa cemas dan khawatir. Kau akan menjadi orang yang benar-benar merdeka.

“Duhai Allah Yang Membolak-bolikkan hati, tetapkanlah hati kami atas agama-Mu, Hindarkan kami dari riya’, ujub dan sum’ah, kami ingin mendapatkan balasan kebaikan dari Mu di surga-Mu. Ampunilah dosa-dosa kami, dosa orang tua kami, dan sayangilah mereka berdua sebagaimana mereka berdua menyayangi kami di masa kecil.”

Wallahu A’lam bish Showab

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s