KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat), Grameen Bank Versi PKPU Surabaya

Para anggota salah satu KSM yang dibina oleh PKPU Surabaya

Kita mungkin sudah tidak asing dengan yang namanya Grameen Bank. Sebuah institusi perekonomian di Bangladesh yang berangkat dari kepedulian Muhammad Yunus pendirinya agar mereka yang dikategorikan Unbankable menjadi bankable.

Sejarah panjang perjalanan Grameen Bank menjadi sebuah kisah tersendiri yang menarik kita simak. Bagaimana mereka harus berhadapan dengan kondisi masyarakat yang rata-ratanya berada di bawah garis kemiskinan. Bahkan dalam buku Creating a World Without Poverty diceritkan bagaimana Yunus harus berhadapan dengan orang yang bahkan rela mengorbankan keluarga untuk terus hidup. Benar-benar kondisi yang tidak terbayangkan.

Di Surabaya sendiri, PKPU Surabaya sebelum tahun 2010 sudah mencoba beberapa program pemberdayaan ekonomi. Dengan judul yang sama KSM atau Kelompok Swadaya Masyarakat, begitu kami menyebutnya. Dalam program ini kami menggulirkan dana kepada semua anggota secara serentak yang telah bersedia menjadi anggota. Banyak pelajaran yang bisa kami ambil dari perjalanan KSM yang awal ini. Intinya kami masih harus belajar. Kemudian munculah Grameen Bank.

Ketika konsep perguliran dana Grameen Bank ini kita dapatkan, tidak serta merta semua diterapkan. Karena dalam Grameen Bank ini masih ada bunga. Sedangkan PKPU adalah lembaga Islam. Oleh sebab itu masih harus ada penyesuaian-penyesuaian. Namun inti dari perguliran modal di Grameen Bank telah diadopsi disesuaikan dan disempurnakan untuk kebutuhan masyarakat di Surabaya yang membutuhkan.

Sembari tetap menyesuaikan itu, kami langsung menggunakan prinsip Grameen Bank dalam pelaksanaannya. Hingga saat tulisan ini dibuat, Juni 2012, telah ada 21 kelompok yang telah mendapatkan manfaat dari program KSM baru hasil adopsi Grameen Bank. Beberapa pegiat sosial lain yang datang ke PKPU Surabaya setelah berbagi cerita, merasa bahwa program KSM adopsi Grameen Bank ini layak untuk lebih dikenalkan lagi kepada masyarakat.

Bahkan beberapa tokoh masyarakat sekitar kelompok yang dibina PKPU Surabaya sekarang ini banyak mengajukan agar lokasi masyarakat mereka juga dijadikan sebagai lokasi pelaksanaan program KSM. Namun hingga saat ini mereka masih harus bersabar karena keterbatasan dana yang dimiliki oleh PKPU Surabaya.

Kemudahan, dan kejelasan sistem yang sudah ada di KSM membuat para anggota nyaman. Mereka bahkan sudah berniat untuk membuat KSM-KSM mandiri lain di daerah mereka.

Semoga semangat para anggota KSM ini bisa mendapatkan sambutan yang berimbang.

Wallahu A’lam

3 responses to “KSM (Kelompok Swadaya Masyarakat), Grameen Bank Versi PKPU Surabaya

  1. Pingback: Bu Riani, Berjuang dari Nol untuk Masa Depan Anak | Zakat Center PKPU Cabang Surabaya·

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s