Investasi paling Tepat

Belajar, bertanya, Investasi paling tepat bagi semua

Segala puji hanya bagi Allah Tuhan semesta Alam. Shalawat dan salam semoga tetap tercurah kepada baginda Nabi Muhammad saw. Tulisan ini terinspirasi oleh audio book dari Happy Trenggono yang saya dengarkan di hari Kamis jam 19.30 s/d 21.00.

Sesungguhnya manusia akan menjadi semakin utuh jika ia mau belajar. Dan belajarnya manusia itu adalah investasi yang paling tepat. Saya tidak mengatakan investasi yang paling menguntungkan. Karena seringkali menguntungkan itu identik dengan masalah finansial.

“Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu Yang menciptakan, Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhanmulah Yang Maha Pemurah.Yang mengajar (manusia) dengan perantaran kalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya” (QS. Al-Alaq : 1-5)

Saya tertarik dengan ungkapan Pak Heppy ketika beliau terpuruk dengan bisnisnya. Kenapa pebisnis lain bisa bertahan dan bahkan bisa tumbuh sementara dia semakin terpuruk. Apalagi ketika ditambahi dengan cerita cicak. (Bagi yang ingin mendengarkan bisa download gratis di sini)

Cicak tidak bisa melompat, ia tidak punya sayap. Sedangkan mangsanya, nyamuk, punya sayap dan bisa terbang. Bagaimana mungkin si cicak bisa menangkap nyamuk? Tapi buktinya bisa. Karena Cicak “can do it really really well“. Dia sudah menjadi expert, ahli, master dalam menangkap nyamuk.

Begitu juga kita dalam persoalan kita sehari-hari. Bila kita dalam bisnis sering mengalami kegagalan. Dalam keluarga selalu muncul ketidakharmonisan. Dan hubungan persahabatan terkadang dipenuhi dengan ngambek dan marah. Bisa jadi karena kita tidak “Do it really really well”. Kita belum menjadi orang yang expert atau ahli. Karena ketika kita menjadi expert kita akan menangani masalah tersebut dengan mudah.

Oleh sebab itu iqra’! Bacalah! Belajarlah! Sehingga kita benar-benar menjadi seorang yang expert. Dan oleh sebab itulah ia menjadi sebuah investasi yang paling tepat. Tepat bagi siapapun.

Wallahu A’lam

MAA

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s