Ketika Rasa Sakit itu Datang

Terbaring di rumah sakit
(ilustrasi foto diambil dari flickr.com)

Segala puji hanya bagi Allah yang telah memberikan kita nikmat berupa Iman, Islam dan keteguhan dalam menjaganya. Shalawat dan salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan kita Muhammad saw.

Saudaraku yang dirahmati Allah, mengalami sakit sepertinya adalah sebuah peristiwa yang akan dirasakan oleh semua makhluk Allah. Tidak terkecuali yang bernama manusia. Setiap manusia akan mengalami sakit dengan berbagai sebab musababnya. Bisa karena adanya bakteri, virus, kecelakaan, usia, atau bahkan dari penyebab yang mungkin belum bisa kita ketahui sampai saat ini.

Namun yang terjadi pada diri kita di dunia pasti memiliki tujuan yang sudah ditentukan oleh Allah, Tuhan pencipta alam semesta. Di Qur’an, surat Al-Mulk ayat yang kedua Allah menunjukkan bahwa semua yang diberikan Allah baik dalam bentuk kehidupan atau kematian, keduanya untuk mengetahui siapakah di antara hambanya yang terbaik amalnya.

“Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun”

Subhaanallah, Maha suci Allah. Ujian dan cobaan yang diberikan Allah ini tidak sekedar ujian biasa, yang bisa melewatinya dengan seksama sudah dijanjikan Allah balasan yang luar biasa.

“Tidaklah seorang muslim tertimpa suatu kelelahan, atau penyakit, atau kehawatiran, atau kesedihan, atau gangguan, bahkan duri yang melukainya melainkan Allah akan menghapus kesalahan-kesalahannya karenanya.” (HR. Al-Bukhari no. 5642 & Muslim no. 2573)

Saudaraku yang  dirahmati Allah. Ternyata ketika kita diuji Allah tidak berarti bahwa Allah sedang tidak senang dengan kita. Bahkan bisa jadi sebaliknya. Karena Ia tahu bahwa kita adalah hamba yang ingin dibersihkan kesalahannya. Maka kemudian Ia memberikan rasa sakit kepada kita.

Sebenarnya kita diuntungkan dengan rasa sakit yang datang. Kesalahan-kesalahan yang mungkin tidak kita sadari pernah kita lakukan dan belum kita bertaubat dibersihkan dengan cara datangnya rasa sakit.

Maka tidak heran bila kita juga pernah mendengar kisah bahwa terkadang para sahabat menunggu datangnya ujian itu. Karena mereka sadar ujian itu datang untuk menguji hamba Allah yang beriman. Selain itu ujian juga menjadi bukti bahwa Allah mencintai hamba-Nya sehingga ia dibersihkan dari berbagai kesalahan dan dosa.

Maka saudaraku yang dirahmati oleh Allah, dalam Islam semua itu menjadi kebaikan. Ketika rasa sakit itu datang bersabar dan hadapilah dengan penuh prasangka baik karena itu adalah nikmat Allah untuk menghapus dosa dan kesalahan kita.

Berusahalah untuk mencari kesembuhan dengan jalan yang halal, karena ia akan menjadi bukti cinta kita kepada Allah karena telah berikhtiar untuk mencari kesembuhan dan tetap berada di jalan yang diridhoi-Nya.

Bertawakkallah kepada Allah, karena sesungguhnya semua kejadian yang terjadi pada makhluknya sudah digariskan oleh Allah. Tidak perlu sedih dan gusar. Allah Maha Tahu dan Maha Bijaksana.

Wallahu A’lam.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s