Hikmah Zakat, Infaq dan Shadaqah dalam Perekonomian Bangsa

Penjelasan ini saya dapatkan ketika mendapatkan wejangan dari Ustadz Suharsono LC. Beliau adalah orang yang menggawangi biro syariah PKPU Pusat. Ada sebuah temuan yang menarik tentang hikmah zakat bagi perekonomian suatu bangsa.

Apabila suatu bangsa memiliki jumlah fakir dan miskin yang cukup besar dengan bahasa lain daya belinya rendah, bisa dipastikan banyak hal yang akan berpengaruh. Dengan rendahnya daya beli, maka demand atau permintaan akan semakin turun. Hal ini akan menyebabkan supply atau persediaan turun. Bila supply turun, maka produksi barang dan jasa akan turun mengikuti.

Dan bila ini berlanjut maka, banyak sektor lapangan pekerjaan yang berhubungan dengan supply produksi barang dan jasa juga akan gulung tikar. Akhirnya semakin banyak orang yang akan menganggur dan membuat bangsa tersebut akan semakin miskin.

Namun dengan zakat yang diberikan oleh orang kaya kepada orang miskin, maka daya beli para fakir dan miskin akan meningkat. Yang sebelumnya hanya mampu membeli beras 5 kg perbulan dengan tambahan dana zakat bisa meningkatkan konsumsinya menjadi 10 kg beras perbulan. Hal ini akan meningkatkan permintaan di satu toko. Toko tersebut akan meminta persediaan yang memicu naiknya persediaan barang dan jasa dalam mengadakan beras.

Itu baru di satu item dan di satu tempat. Bayangkan bila kejadian tersebut merata di berbagai wilayah di Indonesia. Roda perekonomian akan kembali berputar, dan Indonesia akan kembali memulai perekonomian yang sehat.

Itu adalah salah satu hikmah sederhana bagaimana zakat sebagai salah satu instrumen atau alat untuk memakmurkan sebuah bangsa atau negara. Semakin banyak muzakki yang mendonasikan zakatnya maka sebenarnya ia turut berperan dalam meningkatkan perekonomian sebuah negara. (MAA)

Wallahu A’lam bish Showab.

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s