Zakat Rumah dan Tanah yang Disewakan

Assalamualaikum wr. wb.

Mohon dibantu untuk menghitung zakat saya.

Pertanyaan pertama, apakah rumah/tanah yang dibuat usaha harus dikeluarkan zakat/rumah/tanah tersebut setiap tahun? ataukah hasil usahanya saja yang dizakati setiap tahun?

Saya mempunyai:

1 rumah tempat tinggal

1 rumah yang saya buat kos-kos-an

1 kantor

1 rumah untuk tempat tinggal mertua

Kedua, apakah piutang lama yang dipinjam oleh seseorang yang belum tentu kapan dibayarnya juga harus dikeluarkan zakatnya? Mereka bilang akan bayar tapi tidak jelas kapan, karena mereka adalah orang-orang dekat yang saya tidak bisa paksa kecuali saya hanya bisa menunggu.

Ketiga, apakah tanah pekarangan kosong yang tidak digunakan harus dikeluarkan zakatnya setiap tahun?

Terima kasih atas perhatiannya. Saya sangat menghargai dan menunggu balasannya.

Wassalam,

Afifah

Jawaban:

Assalamualaikum wr. wb.

Ibu Afifah yang dirahmati Allah swt, terima kasih atas pertanyannya. Saya akan mencoba menjawabnya.

Dalam Al-Quran objek zakat harta hanya dikenakan pada harta yang produktif saja dan tidak dikenakan pada harta yang konsumtif, sebagaimana firmannya dalam surat Al-Baqarah 267: “Wahai orang-orang yang beriman, infakkanlah (zakatkanlah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik, dan sebagian dari apa yang kami keluarkan dari bumi untukmu…” Dalam ayat tersebut kalimat “hasil usahamu” menunjukkan harta yang produktif

Karena zakat harta hanya pada harta produktif saja, maka harta yang konsumtif yang digunakan atau dipakai, tidak termasuk kepada harta yang wajib ditunaikan zakatnya. seperti rumah atau tanah yang dipakai baik oleh sendiri atau oleh orang lain, bukan untuk disewakan tetapi hanya hak guna saja.

Apabila rumah atau tanah tersebut disewakan atau dikontrakkan maka akan dikenakan zakat dan jenis zakatnya disebut zakat investasi. Penghitungan zakat investasi dianalogikan kepada zakat hasil tani, karena ada kemiripan antara hasil pertanian dengan rumah atau tanah yang disewakan. Zakat hasil tani dikeluarkan bukan dari nilai area lahan sawah yang tersedia melainkan dari hasil yang ditanam pada area atau lahan tersebut. Begitu juga yang memiliki tanah dan rumah yang disewakan, bukan dikeluarkan dari nilai rumah atau tanah yang sudah ada, melainkan dari hasil sewa rumah atau tanah tersebut.

Penghitungannya adalah apabila nishab sebesar 5 wasaq atau setara dengan  653 kg beras, jika asumsi harga per kg beras adalah Rp 5000, maka nishabnya adalah Rp 3.265.000. Ditunaikan ketika menghasilkan tanpa harus menunggu haul 1 tahun, tarifnya dalah 5% atau 10%. Jadi apabila harga sewa rumah atau tanah senilai Rp. 3.625.000, maka wajib mengeluarkan zakat sebesar 5% atau 10%

Melihat dari harta yang ibu miliki, maka rumah yang dimanfaatkan untuk tempat tinggal sendiri dan mertua tidak dikeluarkan zakatnya, sementara rumah yang dibuat kos-kos-an ditunaikan zakatnya sesuai dengan ketentuan dan syarat di atas. sementara kantor yang dijadikan tempat usaha, perlu dijelaskan kembali statusnya, apakah ibu menjadikan rumah yang dijadikan kantor itu dengan status disewakan atau bukan. Jika disewakan, maka statusnya sama dengan rumah yang disewakan, apabila tidak maka tidak dikenakan wajib zakat.

Piutang yang belum jelas pembayarannya kapan, bukan termasuk harta yang dimiliki sempurna, maka tidak termasuk harta yang wajib zakat.

Tanah yang kosong dan belum dimanfaatkan termasuk dalam idle asset yang tidak dikenakan zakat. Namun Islam dengan adanya syariat zakat, menganjurkan agar seorang muslim tidak membiarkan hartanya menjadi asset yang menganggur.

Demikian jawaban yang bisa saya berikan, semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam bishshowab.

DR. KH. Surahman Hidayat, MA.

Sumber: newsletter PKPU edisi 8/Maret 2012/Jumadil Awal 1433H

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s