Apakah Kau Menghitung-Hitung Sedekahmu?

memperhitungkanSahabatku, bisakah kau menghitung anugerah Allah yang telah diberikan kepadamu. Nikmat tubuh, kesehatan, iman, penglihatan, pendengaran dan lain sebagainya. Sungguh, kau tak akan bisa menghitungnya.

“Dan jika kamu menghitung-hitung nikmat Allah, niscaya kamu tak dapat menentukan jumlahnya. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun lagi Maha Penyayang” (QS. An Nahl: 18)

Dan karena memang kita tidak akan bisa menghitung nikmat yang diberikan oleh Allah, maka janganlah kita suka menghitung apa yang kita berikan untuk sedekah atau infaq.

Seakan-akan apa yang telah kau berikan untuk bersedekah akan mampu mengimbangi apa yang telah diberikan Allah. Bila memang sedikit yang bisa kau berikan, berikanlah apa yang kau mampu.

Janganlah kau terlalu sering mengingat-ingat sehingga menyebabkan dirimu malas bersedekah karena sebelumnya kau telah bersedekah.

Hadis riwayat Asma binti Abu Bakar ra., ia berkata: Rasulullah saw. bersabda kepadaku: “Berinfaklah atau memberilah dan jangan menghitung-hitung, karena Allah akan memperhitungkannya untukmu.” (Shahih Muslim No.1708)

Allah tidak pernah menghitung apa yang diberikan kepadamu sahabatku. Dia yang memberikan apa yang dibutuhkan oleh semua makhluk di atas bumi ini keseluruhannya.

Tidak ada satupun kebutuhan makhluk yang Ia lalaikan. Bila Allah memperhitungkan nikmat sebagaimana kau memperhitungkan sedekahmu, maka kehancuran pasti terjadi pada alam ini.

Masihkah kau menghitung-hitung sedekahmu sahabatku?

Silahkan memberi komentar sahabat, tak perlu malu

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s